5 Tips Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha Pemula

Kamu menjalankan sebuah bisnis yang omset penjualannya besar tapi labanya selalu habis? Itu tandanya kamu belum bisa mengatur keuangan dengan benar.  Tips mengelola keuangan untuk pengusaha Pemula tidaklah sulit. Hal itu tergantung pada tekad anda sendiri.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu tidak hanya dituntut untuk menghasilkan penjualan yang besat tapi kamu juga dituntut untuk bagaimana lebih pintar mengatur keuntungan yang kamu dapat dari hasil penjualan kamu. Dengan begitu, bisa dipastikan bisnis kamu akan terus berjalan dengan lancar.

Lantas Bagaimana Tips Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha Pemula?

berikut 5 tips menghemat uang untuk pengusaha pemula yang dapat kamu terapkan

1. Pisahkan Uang Pribadimu Dan Keuangan Usaha

Mungkin sebagian dari kalian yang memiliki usaha yang masih kecil befikir tidak perlu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Justru hal ini adalah dasar bagi kamu yang ingin menghemat keuangan usaha. Jika kamu tidak memisahkan uang pribadimu dengan keuangan usaha, kamu akan lebih sulit mengontrol arus kas usaha kamu.

2. Pertimbangkan Apa Yang Sudah Anda Miliki

Keinginan memiliki kantor sendiri memang hal yang wajar. Tapi apa salahnya jika anda memakai kamar tidur atau taman anda untuk dijadikan tempat usaha. Untuk awal, beli saja perlengkapan kantor yang sederhana dan sesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini. Dengan begitu, anda sudah bisa menghemat tempat usaha anda.

3. Kurangi Risiko Hutang Usaha

Menjalankan dan mengembangkan usaha dengan ara berhutang memang wajar. Tapi berhutang banyak akan lebih memperbesar risiko kebangkrutanmu. sebab bila kondisi keuangan usahamu kurang baik. Adanya beban cicilan hutang usaha, hanya akan memperburuk kondisi keuangan usahamu. Jadi, kalau pemasukan yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan operasional setiap bulan, sebaiknya anda sebisa mungkin kurangi risiko berhutang.

4. Pastikan Setiap Uang yang Anda Investasikan Balik Modal

Setiap sen yang anda habiskan untuk memulai bisnis baru, setidaknya harus bisa anda perkirakan untuk balik modal. Misalnya, jika anda mempekerjakan seorang copywriter yang baik, setidaknya ada keuntungan bisa didapat dari iklan yang masuk ke website anda.

Atau ketika memilih freelancer, peralatan maupun produk yang dipakai untuk untuk bisnis, pastikan anda layak dan bisa menghitung modal anda kembali lagi. Bagaimana caranya, itu adalah tugas dari tim dan pekerja anda untuk mengetahuinya..

5. Pilih Rekan Kerja yang Bisa Bekerja Efektif

Piihlah rekan kerja yang Bisa Bekerja efektif. Percuma jika hanya anda yang menghemat keuangan usaha anda jika rekan kerja tidak dapat melakukan hal yang sama. Kerjasama yang baik dan sependapat akan lebih mudah memperlancar usaha anda

Sebenarnya cara mengemat keuangan usaha tidaklah terlalu sulit. Kuncinya ada pada diri anda sendiri.

Sekian Tips mengelola keuangan untuk pengusaha Pemula dari kami. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!