Segera Hentikan Kebiasaan Begadang, Dapat Memperpendek Usia !

Begadang adalah kondisi dimana tubuh tidak dalam keadaan tidur atau sedang berjaga sampai larut malam. Banyak yang mengira bahwa kebiasaan begadang bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Jika anda termasuk dari salah satu orang itu, segera hentikan kebiasaan begadang anda.

Begadang biasa dilakukan karena keadaan yang mengharuskan mereka untuk begadang misalnya, kerja lembur,  nonton bola, belajar hingga larut malam atau hal-hal lainnya.

Tubuh kita sangat membutuhkan istirahat yang cukup pada malam hari setelah bekerja atau beraktivitas seharian.  Dengan tidur, proses metabolisme dapat bekerja dengan baik pada tubuh anda.

Related :

Segera Hentikan Kebiasaan Begadang, Sangat Berbahaya !

Waktu yang paling baik untuk tidur anda yaitu 7 sampai 8 jam sehari. Jika kurang dari itu, anda harus waspada agar anda tidak terkena penyakit di bawah ini

1. Memperpendek Usia

sebuah riset asal inggris dan italia menganalisis kebiasaan tidur dari 1,3 juta orang, yang dikumpulkan dari 16 studi terpisah. Hasilnya mengatakan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari 7 jam menjadi 5 jam memiliki risiko kematian dini. Hal ini dikarenakan karena tidur malam yang kurang dari 5 jam dapat menyebabkan penyempita pembluh darah dan pada akhrinya dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Terkena Risiko Hipertensi

Kurang tidur dapat memicu kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah arteri (ateroskelosis). Hal itu dapat menyebabkan orang yang kurang tidur dapat terkena risiko hipertensi, storke dan masalah jantung lainnya.

3. Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin serta dapat meningkatkan hormon stres kortisol sehingga tubuh tidak bisa menyerap gula yang ada dalam darah

4. Obesitas

Jangan heran jika orang yang sering melakukan kebiasaan begadang dapat lebih mudah terkena obesitas.Itu dikarenakan karena begadang yang terlalu sering dapat meningkatkan pelepasan hormon lapar ghrelin yang dapat membuat nafsu makan menjadi meningkat.

5. Mengurangi Konsentrasi

Nah, kalau hal ini sangat berhubungan dengan anak-anak yang masih sekolah. Banyak anak sekolah yang sering begadang karena alasan nonton bola hingga larut malam hingga pada keesokan harinya, tingkat konsentrasi saat belajar dapat berkurang.
Hal ini juga berlaku pada pengendara mobil atau motor yang begadang semalaman, akan lebih mudah terkena risiko kecelakaan karena tingkat konsentrasi yang menurun.

6. Mengurangi Nutrisi Otak dan Kulit

Tidur adalah kesempatan tubuh untuk menutrisi makanan untuk otak kulit anda. Isitirahat yang kurang membuat proses metabolisme tubuh menjadi terhambat, yang kita tau metabolisme tubuh sangat penting untuk mengangkal sel darah dan sel otak yang telah mati. Jika proses metabolisme menjadi terhambat, anda bisa bayangkan sendiri bagaimana jadinya.

7. Mata Panda

Begadang dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi melebar, dan menjadi lingkaran hitam di sekitar mata atau yang biasa kita sebut dengan sebutan mata panda.

baca juga : Tips menghilangkan kantung mata alias mata panda

Kebiasaan begadang harus segera anda hentikan karena hal itu hanya akan membahayakan tubuh anda. Seperti lagu dangdut yang mengatakan ” Begadang Jangan Begadang, Kalau Tiada Artinya” 😀

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!