Posisi Tidur Ibu Hamil 7 Bulan Yang Nyaman dan Aman

Hi bunda, selamat yah atas usia kehamilan anda yang sudah memasuki usia 7 bulan ! Semoga proses lahiran bunda nanti, bisa berjalan dengan lancar dan debay-nya juga lahir sehat. Di sini saya membagikan info seputar Posisi tidur ibu hamil 7 bulan yang nyaman dan aman.

Posisi Tidur Ibu Hamil 7 Bulan Yang Nyaman dan Aman

Mengingat semakin besarnya perut, maka posisi ibu hamil 7 bulan ke atas semakin susah untuk diatur. Karena posisi tidur ibu hamil 7 bulan ke tas akan berbeda dibading 2 trimeter 2 trimester sebelumnya. Dengan perut bunda yang sudah begitu besar, maka tidak heran banyak gangguan saat tidur yang bisa bunda alami seperti di bawah ini.

Gangguan Tidur Bagi Ibu Hamil 7 Bulan Ke Atas

Selain ukuran perut yang semakin membesar, usia kehamilan 7 bulan ke atas juga dapat membua ibu mengalami mimpi sadar (mimpi yang rasanya nyata), gatal, dan juga ketidaknyamanan akibat intensitas gerak bayi di dalam kandungan yang meningkat, dan masih banyak lagi seperti hal berikut

Sering Buang Air Kecil

Usia kehamilan yang makin tua membuat pertumbuhan bayi dalam kandungan menekan kandung kemih sehingga kapasitas penampungannya jadi menurun. Oleh karena itu hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat diuretik seperti kafein.

Walaupun hal ini membuat anda menjadi sering buang air kecil, jangan sesekali bunda tergoda untuk mengurangi porsi meminum air. Karena tubuh bunda tetap perlu terhidrasi agar bunda dan janin sehat.

Terbangun di Malam Hari

Meski berbagai hasil studi mengatakan hal ini wajar terjadi selama kehamilan, namun hasil studi “Sleep Disturbances During Pregnancy” oleh Dr.Mindell dan Dr.Barry J. Jacobson mengatakan kalau pada trisemester terakhir, 97,3% wanita terbangun lebih dari 3 kali setiap malam. Tentunya hal ini membuat tidur bunda menjadi terganggu.

Sakit Punggung

Bukan hal biasa lagi kalau ibu hamil mengalami pegal-pegal di sekujur tubuhnya, terutama pada bagian punggung bawah. Jelas hal itu membuat tidur bunda menjadi terganggu. Para ahli mengatakan bahwa rasa sakit tersebut muncul karena otot ligamen di antara tulang panggul sensitif, dan sendinya mengendur sebagai persiapan masa persalinan nanti.

Sebenarnya masih banyak lagi gangguan-gangguan yang dialami bunda yang sedang hamil di usia 7 bulan ke atas, tapi di sini kita tidak spesifik membahas hal itu, melainkan membahas tentang  posisi tidur ibu hamil 7 bulan yang nyaman dan aman.

Related :

Posisi Tidur Yang Nyaman Bagi Ibu Hamil

Bunda bisa mengatasi masalah di atas, agar bunda bisa merakan tidur yang nyaman dan aman, dengan cara berikut

  1. Gunakan bantal yang pas agar posisi tidur bunda di atas lebih nyaman. Jika memungkinkan, belilah bantal khusus kehamilan.
  2. Tidurlah dengan posisi menyamping ke kiri dan letakkan bantal kecil di antara kaki, serta belakang punggung untuk menopang tubuh bunda.
  3. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman, sebaiknya bunsa memilih bahan katun yang breathable supaya tidur lebih nyaman.
  4. Berbaring di atas ranjang mungkin kurang nyaman bagi beberapa ibu hamil. Jika bunda juga merasa demikian, maka tak mengapa kalau ingin tidur menggunakan kursi malas atau sofa.
  5. Saat malam, konsumsilah makanan ringan saja. Hindari makanan pedas karena bisa memicu heartburn (sensasi perut terbakar atau kepanasan) yang biasanya kambuh saat malam.
  6. Lakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan, atau yoga agar bunda lebih rileks dan peredaran oksigen dalam tubuh lancar sehingga tidur lebih nyenyak.
  7. Sekitar 15 menit sebelum tidur, jauhkan semua hal yang bisa mengganggu, lalu tenangkan pikiran. Tetaplah berpikir positif supaya bunda bisa lekas terlelap.
  8. Jika bunda tak bisa tidur, jangan paksakan diri tetap di atas ranjang. Bangunlah dan bacalah buku atau mandilah dengan air hangat.

Sekian tips dari saya. Semoga kualitas tidur bunda kembali baik.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!