Dampak Buruk Dan Cara Mengatasi Pergaulan Bebas Remaja

Di kalangan pergaulan bebas remaja jaman sekarang yang di mana mereka biasa menyebut istilah sendiri seperti anak muda kekinian atau kaum milenial..

Seiring perkembangan dunia, masalah-masalah baru kerap muncul khususnya di kalangan anak muda ataupun anak-anak yang mulai beranjak dewasa di mana mereka mulai memasuki masa pubertas!

Masalah sepeti ini tak lepas dari cara hidup yang menyimpang bahkan sudah melewati batas yang sewajarnya!

Di mana mereka sudah jauh bahkan terkadang lupa dengan apa dampak negatif yang di timbulkan, untuk masalah ini.

Contoh besar dampak negatif masalah ini seperti penyimpangan terhadap norma Agama, Norma Kesusilaan dan juga pastinya masalah Hukum..

 

Pergaulan Bebas Remaja

Dampak Buruk Dan Cara mengatasi Pergaulan Bebas Remaja

Dalam kasus ini yang jadi tanda tanya besar sebagian orang mengapa masalah ini sering muncul?? Untuk semua itu cara sederhana yang sebernanya untuk mengatasinya adalah dari kesadaran anak itu sendiri..

Entah itu bagaimana gaya hidup mereka sehari-harinya seperti apa, Ataupun juga sering perkembangan jaman yang di mana semua apa yang di inginkan dapat di capai, Walaupun di jalan dan cara yang salah..

Dari beberapa masalah yang telah saya pelajari khususnya pergaulan bebas ini, Ada masalah hal yang paling kerap terjadi!

Bukan hanya di Indonesia saja, melainkan di beberapa Negara-negara besar lainnya juga sudah terjerumus dalam dalam masalah ini..

Apa saja dampak buruk pergaulan bebas remaja dan cara mengatasinya..

Untuk itu saya akan menjelaskan  contoh pergaulan bebas yang paling sering terjadi bagaimana dampaknya dan bagaimana cara mengatasinya, Sebagai berikut..!!

  • Sex Bebas

Sex bebas, Untuk kasus ini sudah tidak usah kita herankan lagi! Entah sudah berapa banyak korban yang di timbulkan masalah pergaulan bebas remaja..

Dampak buruk masalah ini contohnya hamil di luar nikah, Banyak anak usia dini menikah muda yang di mana usia seperti mereka masih perlu sekolah dan banyak belajar!

Dampak lain seperti penyakit kelamin (Aiv Aids) yang sudah banyak mengambil nyawa anak remaja khusunya di Indonesia..

Cara mengatasi masalah ini selain dari kesadaran anak itu sendiri, Anda di sini juga sangat di butuhkan dalam proses masa dewasa atau pubertas khususnya anda yang mempunyai anak remaja..

Mulai hal kecil seperti, Lingkungan bergaul yang baik itu seperti dan mendorong anak untuk lebih mendekat pada aturan dan norma agama dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolak, teman dan keluarga..

  • Penggunaan Narkoba Dan Miras

Kebiasaan mengkonsumsi narkoba (narkotika dan obat terlarang) dan miras (minuman keras) di kalangan remaja akhir-akhir ini menjadi tren yang pola gaya hidup!

Dampak negatif masalah ini banyaknya korban yang masih usia dini, Karena rasa ketergantungan yang kuat membuat kebanyakan dari anak muda khususnya nekat melakukan hal-hal yang tidak patut di contoh..

Kasus pencurian atau perampokan yang di lakukan para pelaku di sini khususnya remaja yang sudah kecanduan di sebabkan faktor sakau..

Ketidakadaan uang atau dana untuk membeli barang haram tersebut menjadi alasan mereka nekat!

Untuk mengatasi hal ini,  Anda yang lebih mengerti kiranya bisa memberi arahan yang baik untuk menghindari  masalah pergaulan bebas ini..

Tidak lepas dari masalah pergaulan bebas  di atas, Faktor pendukung untuk menghindari bahkan menuntaskan kasus-kasus tersebut adalah pihak berwajib yang berurusan dengan masalah ini..

  • Sosial Media

Adanya sosial media (sosmed) dalam sehari-hari memang sangat membantu! Tanpa harus repot lagi, Anda hanya perlu terhubung koneksi internet keuntungan lainnya yaitu sangat mudah di akses..

Seiring canggihnya dunia sosial media, Masalah besarpun juga banyak muncul bagi yang menyalah gunakannya tanpa menyadari resiko besar yang akan di timbulkan!

Banyaknya aplikasi sosial media menjadi yang di salah gunakan, Contohnya dampak buruk penggunaan sosial media pada remaja..

Gampangnya mengakses aplikasi membuat banyak anak remaja menggunakannya, Untuk sekedar chat ataupun videocall yang tanpa harus keluar rumah..

Dari situ karena rasa penasaran bagaimana kehidupan di luar sana dapat timbul dari anak tersebut..

Rasa ingin tahu luar bisa tentang apa yang ada di luar sanamenjadi faktor terbesar untuk masalah sosial media ini..

Untuk mengatasinya Anda perlu membatasi pemakaian gadget pada anak anda, Bukan artinnya kita melarang tapi lebih kepada bagaimana menggunakan atau mengenal dunia sosial media yang baik itu seperti apa dan fungsinya untuk apa!

 

Dari penjelasan saya dia atas tentang pergaulan bebas pada remaja, Sebenarnya gampang kita hindari atau atasi! Tinggal bagaimana Anda bisa meminimalisirkan cara bergaul anda atau bahkan Anda sebagai orang tua yang mempunyai anak remaja.. Dampak dan cara mengatasinyapun dapat anda lakukan pada diri sendiri maupun pada diri orang lain..

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!