Penyebab Penyakit Jantung Di Usia Muda Dan Cara Mencegahnya

Bicara mengenai penyebab penyakit jantung di usia muda dan cara mengatasinya, Merupakan salah satu contoh masalah besar yang di alami beberapa anak muda ..

Penyakit jantung sendiri dikenal seperti saat kondisi jantung mengalami gangguan, termasuk gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung atau gangguan yang memang akibat bawaan dari lahir..

Telah diketahui juga penyakit ini bukan hanya menyerang orang lanjut usia saja, tetapi juga orang berusia muda ternyata sangat rentan terkena penyakit ini..

Di katakan juga pada riset kesehatan dasar Indonesia 2013 mencatat ada kenaikan jumlah pengidap penyakit jantung pada kelompok usia yang lebih muda, yaitu di bawah usia 45 tahun..

Kenali Penyebab Penyakit Jantung Di Usia Muda Dan Cara Mencegahnya..

Baca Juga : Kebiasaan Mengkonsumsi Obat Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

Mengenai penyakit pasti ada gejala yang dirasakan terlebih dahulu. Untuk gejala penyakit jantung sendiri sangat beragam, tergantung pada jenis kondisi yang dialami seseorang..

Namun secara umum, penyakit jantung ditandai dengan gejala berupa nyeri dada, sesak napas, batuk, mual, muntah, perubahan pada irama jantung, cepat lelah, tangan dan kaki terasa dingin, serta nyeri pada tubuh bagian atas seperti pada salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang atau bagian atas perut..

Lantas bagaimana cara untuk mengenali penyebab dan cara mencegah penyakit jantung ini, Simak penjelasannya dibawah ini :

Untuk Langkah Yang Pertama Kenali  Penyebabnya Terlebih dahulu..!!

Penyakit jantung sendiri biasa terjadi karena faktor dibawah ini, Sebagai berikut..

1.Terlalu Sering Merokok

Faktor yang pertama adalah rokok, Pada umumnya orang yang sering merokok atau terpapar asap rokok berisiko lebih besar mengidap penyakit jantung..

Masalah ini terjadi karena merokok bisa merusak lapisan arteri, menebalkan dinding arteri, serta menyebabkan penumpukkan lemak dan plak yang menghambat aliran darah di sepanjang arteri. Akibatnya, suplai oksigen dan nutrisi ke jantung menjadi terhambat dan meningkatkan risiko penyakit jantung..

2.Riwayat Keluarga Atau Keturunan

Masalah ini memang sering terjadi, Karena dalam studi menyebutkan riwayat keluarga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung..

Untuk itu anda sangat di anjurkan untuk berbicara dengan dokter jika ada anggota keluarga dengan penyakit jantung untuk mencari tahu upaya pencegahan yang tepat..

3.Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Berat badan berlebih (overweight dan obesitas) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Obesitas memicu jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah..

Peningkatan aliran darah bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang merupakan penyebab utama penyakit jantung..

4.Faktor Penyakit Autoimun

Penyakit jantung bisa terjadi akibat faktor lain, Misalnya penyakit kawasaki yang bisa memicu peradangan pada pembuluh darah, termasuk pada jantung..

Peradangan ini bisa memicu gangguan otot jantung dalam menjalankan fungsinya untuk memompa darah atau biasa kita dengar dengan istilah gagal jantung..

Langka Yang Kedua Cara Mencegah Penyakit Jantung..!!

Setelah mengenali penyebanya, kambali anda harus memperhatikan bagaimana cara pencegahannya, Sebagai berikut..

1.Belajar Mengelola Stres

Masalah stres adalah hal yang wajar dan sering terjadi. Untuk itu bukanlah apa yang menyebabkan stres bisa terjadi, tapi bagaimana anda bisa meresponnya..

Saat anda sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan darah bisa meningkat sebagai akibatnya..

Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Untuk mencegah penyakit jantung yang dipicu oleh stres, Anda harus pintar-pintar mengelola emosi..

2.Konsumsi Gizi Yang Seimbang

Nah jadi untuk itu anda sangat dianjurkan untuk perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang, terutama sayur dan buah-buahan setiap harinya..

3.Rutin Cek Tekanan Darah

Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Saat angka sistolik atau angka atas Anda berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik atau angka bawah berkisar di 80-89, ini artinya anda memiliki “prehipertensi”..

Meskipun angka ini belum bisa dianggap hipertensi, tetap saja ini di atas angka normal. Semakin tinggi nilai tensi darah, semakin Anda berisiko hipertensi di kemudian hari.. Hipertensi itu sendiri membuat Anda berisiko terkena serangan jantung di usia muda..

4.Tetap Rutin Berolahraga

Jika anda sering berolahraga, Cara tersebut dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan parum menurunkan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat..

Olahragalah setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Semua olahraga pada dasarnya baik. Anda dapat berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga dan renang..

Jadi jangan pusing lagi jika belum mengetahui penyebab dan cara mencegah penyakit jantung di usia muda, Anda hanya perlu memperhatikan dan melakukan beberapa hal diatas..

Semoga bermanfaat..!!

Klik disini untuk info kesehatan menarik lainnya..

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

error: Content is protected !!