Komputer Lemot Saat Internetan? Pelajari Penyebabnya

Penyebab Komputer Lemot-Online di Internet merupakan hal sudah biasa dan sangat sering dilakukan hampir semua orang di dunia ini karena itu adalah suatu kebutuhan.

Aktifitas yang selalu dilakukan dan juga menyenangkan karena banyak hal yang bisa ditemukan di media sosial instagram, twitter, facebook, download film main game online, nonton youtube dan juga tempat untuk bekerja. Apa yang yang Anda cari hampir semuanya ada, lalu apa jadinya saat sedang browsing terjadi hal yang tidak diinginkan???

Saat asik-asiknya online tiba-tiba komputer Anda lemot tanpa diketahui penyebabnya. Dengan begitu Anda pasti bertanya-tanya dalam hati, mengapa bisa terjadi? Bukan hanya komputer atau laptop saja tapi juga perangkat elektronik Anda juga contonya Tablet iPad, Smartphone, Handphone Android dan juga lainnya.

Pada dasarnya, cara mengantisipasi penyebab komputer jadi lemot adalah tiap saat Anda wajib menjaga dan membersihkan komputer yang selalu dipakai, Jangan lupakan juga tips sederhana yang yang bermanfaat besar seperti melakukan tune up pada komputer Anda.

Sesering juga Anda untuk mengupgrade komponen hardware atau menginstal ulang windows, ini juga termasuk salah satu cara menjaga agar terhindar dari komputer jadi lemot dan mengoptimalkan kembali komputer Anda.

Dengan begitu Anda harus mengetahui bagaimana menangani komputer lemot dengan perhatian dan menjaga kondisi komputer sesuai dengan keperluan.

Penyebab Komputer Lemot Yang Sering Terjadi

Berikut ini saya akan membagi bagaimana caranya untuk menghindari komputer error atau loading lambat yang kemungkinan sering terjadi dan menghambat pekerjaan atau aktifitas yang Anda lakukan seperi browsing dan juga menonoton youtube sambil mendengarkan musik.

1. beberapa program yang terinstal

Apabila ada banyak aplikasi atau program yang terinstal dikomputer yang sering terpakai tapi terasa berat. Tapi pada dasarnya program aplikasi itu selalu Anda pakai? Dengan begitu segerahlah cek program penyimpanan komputer Anda dengan memilih opsi add atau remove program pada menu control panel dan uninstall program  yang hanya terpasang dan tidak Anda pergukan pada komputer.

2. Memori Tidak Memadai

Pada dasarnya yang sering terjadi oleh semua pemakai barang elektronik adalah memori yang tidak memadai atau  RAM yang terpasang tergolong kecil. maka dari itu cobalah untuk periksa kembali kapasitas memory yang Anda pakai pada komputer Anda apakah imbang dengan intel Pentium 4 dengan OS Windows XP serta aplikasi standar yang mungking lebih baik diupgrade menjadi memory minimal 2 GB.

Sebelum Anda membeli laptop atau komputer alangkah baiknya memperhatikan prosessor yang sederajat dengan  intel core i5 dan RAM 4 GB dan sistem operasi Windows 7 dengan 64 bit.

3. Ada Startup Program Yang Masih Terbuka

Sama seperti penjelasan pada poin yang pertama diatas, dengan semakin penuh aplikasi yang terunduh dalam komputer, dengan begitu banyak juga program service yang pasti diaktifkan pada saat windows startup. Agar dapat mematikan startup aplikasi dan service yang telah aktif secara langsung.

Langkah awal, aktiflah ke sistem “System Configuration Utility” dengan menulis : “msconfig” pada opsi daftar “run”, lalu pada bagian tab service juga startup buatlah uncheck pada program apa saja yang tidak terpakai.

Dengan begitu, bagaimana cara mengetahui aplikasi atau program mana yang sedang aktif? Anda dapat memakai tool Process Explorer. Pada program ini Anda bisa mengetahui dan menonaktifkan aplikasi yang tak terpakai serta yang lebih rentan terkena virus.

4. Temporary File Sudah Tidak Stabil

Faktor yang lebih cenderung membuat koputer jadi lemot adalah Temporary File (Sementara) sudah tidak stabil. Tempat temporary file nya yakni seperti dibawah ini:

.Windows 7 : C:UsersAppDataLocalTemp.

.Windows XP : C:Documents and SetingLocal SettingTemp

Agar dapat diuninstal, Anda dapat menghapus file yang terdiri dari 2 bagian tempat tersebut tapi bisa juga dengan cara aktifkan aplikasi Disk Clean Up dengan cara pilih start-run, ketik “cleanmgr” lalu memilih drive yang akan langsung di clean-up.

Bisa juga menggunakan cara lain dengan mencoba program atau software Jetclean agar dapat menambah speed komputer Anda lewat penghapusan file dan daftar yang tidak berguna.

5. Terlalu Banyak Aplikasi Anti Virus

Penjaga aplikasi yang biasa Anda pakai dan diketahui sebagai program tambahan anti virus yang wajib ada dikomputer. Tapi, yang wajib diamati yakni jangan menginstal sangat banyak dari yang diperlukankan contohnya 2 -3 aplikasi antivirus. Lebih baik menggunakan anti virus yang betul-betul cocok serta kurangi pemakaian USB atau flashdisk.

6. Hardisk Bermasalah

Hardisk adalah sebuah komponen kedua pada RAM yang bisa mengakibatkan komputer Anda menjadi lebih lemot. Masalah yang biasanya ada pada hardisk sebagai berikut :

1 .Hardisk low space

2 .Hardisk yang sudah lama hingga rpm-nya menurun

3 .Hardisk terfragmentasi

4 .Hardisk Error

Untuk menanggulangi hal tersebut adalah seperti ini:

1 .Upgrade Kapasitas dari Hardisk dengan menambah atau mengganti hardisk

2 .Melakukan defragmenter hardisk secara berkala

3 .Menghindari hardisk dari debu, goncangan dan panas yang berlebih

4 .Memperbaiki kerusakan hardisk dengan tool checkdisk.

Bila Anda mempunyai bughet yang banyak, Lebih baik Anda mengubahnya seperti hardisk yang sudah terpakai pada SSD (Solid State Drive).

7. Komputer lemot akibat adanya virus

Bila komputer Anda telah terlebih dulu terjangkit oleh virus atau malware, dengan begitu hal yang wajib Anda lakukan iyalah mengaktikan Windows safe mode, menonaktikan seluruh fasilitas system restore serta memakaikan suatu aplikasi virus cleaner buat menghapus malware, setelah itu lakukan update pada sistem operasinya.

Inilah yang beberapa penyebab komper lemot, dan Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara yang telah saya infokan seperti pada artikel saya diatas. Semoga dapat membantu dan berguna buat Anda yang sering mengalami masalah tersebut.

You May Also Like

About the Author: Alexander Gustaf Warae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!