Penyebab Komputer Lemot Saat Internetan Beserta Solusinya

7 Penyebab Komputer Lemot Saat Internetan Beserta Solusinya

Penyebab komputer lemot sangatlah menjengkelkan apa lagi di saat internetan. Saat ini sangat banyak orang yang menggunakan internet dalam keseharian mereka. Penggunaan internet saat ini kian pesat setelah social media beredar di dunia. Pekerja kantoran pun tidak luput dari internet. Mulai dari social media seperti facebook, instagram, twitter, browsing, Youtube, download film dll. Kegiatan ini biasa dilakukan melalui android dan komputer.

Tapi pernahkah kalian di saat menggunakan komputer kalian untuk internetan tiba-tiba lemot? pasti menjengkelkan bukan? Kadang saking keselnya kita serasa ingin melempar komputer yang ada di depan kita haha. Hal itu terjadi disebabkan banyak hal. Entah itu faktor hardware ataupun softwarenya.

Penyebab Komputer Lemot Saat Internetan Beserta Solusinya

Komputer anda lelet saat internetan disebabkan karena banyak hal. Berikut informasinya

1. Penyebab Komputer Lelet Yaitu Karena Terinstal Banyak Program

Apakah di komputer anda banyak terinstall program/aplikasi? Dengan program yang terlalu banyak meskipun jarang anda pakai bisa jadi penyebab leletnya komputer anda. Coba cek komputer anda dengan cara pilih opsi add atau remove program di bagian control panel dan uninstall program –program yang Cuma jadi accessories di komputer anda tersebut.

2.Kapasitas Memori Yang Kurang

Penyebab lainnya adalah memori yang penuh. Kompter anda memiliki kapasitas memori berapa GB? Hal ini tentu jadi hal yang harus diperhatikan sebelum membeli komputer. Jadi bagi anda yang ingin membeli laptop atau komputer disarankan untuk menggunakan prcsessor yang sekelas intel core i5 dan RAM 4 GB dan sistem operasi Windows 7 dengan 64 bit. Tetapi bagi anda yang sudah terlanjur membeli komputer yang kapasitas memorinya sedikit, saya sarankan agar anda menghapus beberapa dokumen yang tidak terlalu penting agar komputer anda tidak lelet lagi.

3. Banyak Service Dan Startup Program Yang Berjalan

Komputer lelet bisa disebabkan karena banyaknya program yang berjalan. Hal ini hampir sama dengan poin yang pertama. Dengan mengunduh/menginstall aplikasi pada komputer, bisa menyebabkan semakin banyak program yang berjalan. Cara menutup program yang berjalan tersebut yaitu Pertama, masuklah ke sistem “System Configuration Utility” dengan cara mengetik : “msconfig” pada opsi menu “run”. Kemudian pada bagian tab service dan startup lakukanlah uncheck terhadap aplikasi apa saja yang tidak diperlukan. Nah, bagaimana cara melihat aplikasi atau program apa saja yang sedang berjalan? Anda bisa menggunakan tool Process Explorer. Dengan aplikasi ini kita dapat melihat serta mematikan aplikasi yang tidak diperlukan dan di curigai sebagai suatu virus.

4.  Temporary File Mulai Membengkak

Dengan Temporary File (Sementara) yang sudah membengkak dapat membuat komputer anda menjadi lelet. Lokasi temporary file nya adalah sebagai berikut

Windows XP  : C:Documents and SetingLocal SettingTemp
Windows 7     : C:UsersAppDataLocalTemp

Untuk membersihkannya cukup dengan hanya mendelete file –file yang terdapat pada 2 bagian lokasi tersebut atau bisa juga dengan cara menjalankan program Disk Clean Up dengan cara pilih start-run, ketik “cleanmgr” kemudian pilih drive yang akan segera di clean-up. Cara lain lagi anda bisa mencoba aplikasi atau software Jetclean untuk bisa mempercepat komputer anda melalui pembersihan file –file dan registrasy yang tidak penting.

5. Penyebab Komputer Lelet Yaitu Karena Banyaknya Security Program

Memasang security program memang sangat penting. Akan tetapi jangan terlalu banyak memasang program tersebut, cukup memasang 2 atau 3 security program saja. Jika memang hal ini yang jadi penyebab komputer anda menjadi lemot sebaiknya cukup memasang 1 saja.

6. Hardisk Yang Rusak

Hardisk merupakan sebuah komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan komputer anda menjadi sangat lambat. Biasanya hardisk memiliki masalah seperti hardisk low space, hardisk yang sudah lama hingga rpm-nya menurun, hardisk terfragmentasi, hardisk Error. Kalau masalah ini terjadi, sebaiknya anda mengupgrade kapasitas hardisk anda atau bisa juga menggantinya.

7. Adanya Virus Pada Komputer Anda

Nah masalah ini yang sangat banyak terjadi. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri. Menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak data pada dokumen yang sangat mengganggu pengguna komputer. Banyak Cara Mengatasi Virus Pada Komputer Atau Laptop anda. Seperti memasang security program pada komputer anda. Tapi ingat, jangan memasangnya terlalu banyak, cukup 1 atau 2 saja.

 

Dengan perhatian yang cukup akan membantu kerja komputer anda. Jika anda memperhatikan hal-hal di atas, komputer anda tidak menjadi lemot lagi. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!