Ternyata Penyakit Menurun Pada Anak Perlu Di Wasapadai

penyakit-menurun-anak

Bahaya penyakit menurun pada anak, Nah makanya memiliki tubuh yang sehat pasti selalu di idam-idamkan semua orang termasuk saya dan anda! Namun, Tidak lepas dari itu semua pasti ada saja penyakit yang bisa datang atau menyerang beberapa dari anda..

Seperti penyakit menurun pada anak, masalah ini di timbulkan dari faktor keturunan atau biasa di sebut penyakit genetik..

Sedangkan pengertian untuk penyakit menurun/keturunan adalah suatu penyakit kelainan genetik yang diwariskan dari orangtua kepada anaknya..

Namun ada pula orangtua yang hanya bertindak sebagai pembawa sifat saja dan penyakit ini baru muncul setelah dipicu oleh lingkungan dan gaya hidupnya sehari hari..

Ternyata Penyakit Menurun Pada Anak Perlu Di Wasapadai

Untuk mencegah penyakit menurun pada anak sebenarnya bisa di cegah walaupun mungkin sedikit susah dalam prosesnya, Karena pada prinsipnya faktor genetik yang memicu terjandi suatu penyakit khususnya untuk penyakit turunan..

Maka dari perilaku sehat untuk mencegah penyakit genetik harus anda terapkan dalam keluarga, setidaknya bisa meminimalkan macam macam penyakit keturunan yang bisa timbul..

Adapun macam-macam penyakit keturunan atau penyakit genetik  yang perlu anda waspadai, untuk ada cara mengobati penyakit genetik yang bisa anda pilih sebagai alat/senjata untuk mencegahnya..

Beberapa gejala penyakit yang timbul dari orang tua adalah ciri-ciri penyakit keturunan dan mungkin saja bisa anda turunkan lagi ke anak cucu nantinya..

2 Langkah mencegah penyakit menurun pada anak yang perlu anda lakukan..!!

1.Lakukan Pemeriksan Sedini Mungkin

Pada umumnya sebelum terkena penyakit keturunan pasti ada gejala yang di rasakan terlebih dahulu, Alangka baiknya sebelum terkena gelaja ataupun penyakit..

Mungkin anda bisa melakukan pemeriksaan sedini mungkin, Karena anak yang rentan terkena biasa di usia 1-2 tahun! Alangkah baiknya sesegera mungkin periksakan ke dokter..

Semakin cepat anda mengetahuinya semakin cepat pula anda mengatasinya, dengan begitu resiko terkena penyakit bisa di atasi..

2.Beritahukan Anak Anda

Mungkin cara ini agak sulit untuk di pahami anak anda, Namun di sisi lain kesehatan anak adalah prioritas anda terlebih lagi pada diri anak anda..

Untuk itu mulai dengan cara pola hidup yang sehat, dengan mengarahkan hal yang bisa di lakukan seperti apa dan hal yang tidak bisa di lakukan juga seperti apa..

Selain itu untuk mengurangi resiko terkena penyakit menurun pada anak beritahu juga pola hidup sehat dengan makanan, makan apa saja saja yang bisa dimakan dan tidak.. Sebenarnya faktor pendukung di sini adalah anda sebagai orang tua..

Berikut penyakit menurun pada anak yang perlu di waspadai..!!

Penyakit menurun pada anak memang cukup banyak dan perlu di waspadai, untuk itu berikut contoh beberapa penyakit yang paling sering di turunkan orang tua pada anaknya..

1.Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit menurun pada anak seperti ini biasanya memiliki hubungan yang kuat dengan faktor keturunan, Yaitu ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara optimal..

Seseorang bisa di katakan memiliki antigen leukosit (human leukocyte antigen/HLA) dalam darah yang diperoleh dari orangtuanya akan memiliki kecenderungan kuat untuk memperbesar dampak diabetes tipe 1..

Nah kalau untuk penyakit diabetes tipe 2 juga merupakan penyakit turunan yang muncul di generasi berikutnya jika memungkinkan ada masalah lain yang menyertai seperti obesitas dan hipertensi ataupun cara hidup yang tidak sehat yang akan berdampak pada fungsi sel-sel beta di dalam tubuh generasi berikutnya..

2.Penyakit Asma

Sedangkan untu penyakit menurunan pada anak seperti asma diketahui bahwa faktor ibu lebih kuat untuk menurunkan asma pada anak dibandingkan dengan faktor bapak..

Asma dipicu oleh adanya suatu alergen disekitarnya, adapun sekitar 30 persen penyakit asma disebabkan oleh turunan dari orangtuanya..

Namun pada beberapa orang yang asmanya terkontrol dengan baik mungkin saja bisa hilang saat menjelang umur-umur memasuki dewasa, Selain itu ada cari lain bisa anda gunakan untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut menurun ke generasi berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menikah dengan pasangan anda..

Karena dari pemeriksaan ini akan diketahui apakah keduanya memiliki gen penyakit yang diturunkan ke anak nantinya atau tidak sehingga anda bisa lebih siap lagi untuk menghadapinya..

3.Penyakit Buta Warna

Masalah penyait menurun pada anak seperti buta warna dalah salah satu masalah penglihatan karena ketidakmampuan melihat perbedaan antara warna, biasanya penyakit ini di turunkan dari mutasi genetik kromosom X..

Sebagian besar penyakit ini akibat faktor genetik/turunan, tapi ada juga yang di sebabkan kerusakan mata, saraf atau otak akibat bahan kimia tertentu yang di konsumsi..

Mutasi yang menyebabkan buta warna jika sedikitnya ada 19 kromosom berbeda dan 56 gen yang berbeda, Masalah ini bisa muncul saat masih usia kanak-kanak atapun ketika sudah dewasa nantinya..

Maka dari itu, Sejak dini mungkin anda harus tahu penyakit menurun pada anak itu apa saja dan seperti apa! Artikel di atas akan menjelaskan pentingnya penyakit turunan/genetik bagi anak anda dan keluraga anda waspadai.. Semoga Bermanfaat..!!

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!