Nafsu Makan Anak Turun? Berikut Cara Mengatasinya

Menghadapi anak yang susah makan memang menjengkelkan. Padahal anda sudah menyiapkan menu makanan favorit anak di meja makan, tapi tetap saja nafsu makan anak turun sehingga ia malas untuk memakannya.

Tak jarang banyak ibu yang melakukan berbagai macam cara agar anak mereka mau makan. Misalnya mengajaknya bermain di luar rumah sambil menyuapi makanan kepada anaknya atau menyetel siaran kartun di tv.

Mom, saya tau perasaan anda. Anda pasti sangat khawatir apabila nafsu makan anak turun, anak anda akan mengalami sakit dan bisa menjadi kurus.

Biar bagaimanapun, mommy harus tetap mengontrol asupan kalori dan nutrisi bagi tumbuh kembang anak agar pertumbuhan anak dapat berjalan dengan baik. Malnutrisi atau kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah masalah serius utama kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Sebelum melihat apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mommy harus tau terlebih dahulu apa saja yang membuat nafsu makan anak menjadi berkurang.

Kenali Penyebab Turunnya Nafsu Makan Anak

Mungkin kemarin nafsu makan anak anda baik-baik saja, tapi tiba-tiba saja anak tidak mau makan hari ini. Kenapa?

Sebenarnya bukan cuma anak kecil saja yang dapat mengalami hal ini, orang dewasa pun terkadang mengalami yang namanya susah makan. Nafsu makan berkurang bisa saja yang menjadi penyebabnya yaitu fakor pikiran yang memikirkan banyak hal atau biasa disebut dengan stres.

Tapi bukan cuma itu, masih banyak hal-hal yang menjadi penyebab anak anda susah makan. Mungkin anak mommy sedang dalam kondisi sakit sehingga anda memberikannya beberapa obat yang mengadung antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur. Kandungan yang ada dalam obat tersebut bisa menyebabkan kurangnya nafsu makan anak.

Penyebab lainnya yaitu stress. Tadi saya sudah katakan bahwa salah satu penyebab anak tidak mau makan yaitu stres. Mungkin di saat anak tidak mau makan, lantas anda memaksanya untuk memakan makanan yang ada di depannya. Justru hal itu malah membuat nafsu makan anda menjadi berkurang mom.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Segera anda melakukan hal-hal di bawah ini agar nafsu makan anak anda kembali normal dan nutrisinya tetap terjaga

1. Buat Kreasi Pada Makanan Anak

Makanan yang itu-itu saja setiap hari dapat membuat anak bosan melihatnya. Meliriknya saja sudah bosan apalagi untuk mau mencicipinya. Sebaiknya anda memberikan sentuhan-sentuhan kreasi seperti menghiasi makanan anak anda dengan tokoh kartun kesukaannya menggunakan sayur seperti wortel, sawi dan sayuran lainnya. Sayuran yang segar sangat baik untuk tumbuh kembang anak mom.

2. Jangan Memakasa Anak Makan Nasi

Tak mengapa jika anak susah makan saat disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang Bunda sediakan. Contoh kudapan tinggi kalori ialah selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah

Hal ini untuk memastikan dia tetap dapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Mommy perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau.

3. Makan Lebih Sering Dalam Sehari

Jika memang si kecil susah makan, jangan memberikannya makanan dengan porsi yang besar. Daripada memberi porsi makan yang besar, sebaiknya berikan makan sedikit-sedikit saja tapi sering.

Hal ini juga bisa diterapkan jika si kecil merasa cepat bosan dengan makanannya. Berikan ia porsi makan yang kecil, kemudian dua hingga tiga jam berikutnya kasih ia makanan dengan menu baru.

4.  Jangan Banyak Memberi Minum Pada Waktu Makan

Dengan memberikan anak minum pada saaat makan dapat membuat anak malas makan. Hal itu dikarenakan dengan banyak minum, akan membuat perut anak menjadi kembung.

Sebaiknya anda memberikan jatah satu gelas saja pada anak anda saat makan. Dan jangan memberikan minuman yang manis, karena hal itu hanya akan membuat perut anak tambah kembung.

5. Ajak Anak Menyiapkan Makanannya

Anak akan merasa senang apabila anda mengajaknya bermain sambil memasak. Pernahkah anda melihat anak-anak bermain masak-masakan bersama temannya, lalu mereka bermain dengan imajinasi mereka seakan-akan mereka memakan hasil masakannya? Yah! anda bisa memanfaatkan cara ini agar anda mau makan.

Berikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan. Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ia ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

6. Konsultasi Dengan Dokter

Jika memang nafsu makan si kecil tak kunjung membaik, malah cenderung menolak semua makanan yang Anda berikan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pasalnya, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menurunkan nafsu makan anak.

Dengan begitu, dokter akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami si kecil.

Sekian tips untuk menambah nafsu makan anak dari saya, semoga nafsu makan anak lekas membaik. Semoga bermanfaat mom

baca juga :

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!