Kunci Keberhasilan Perusahaan Terletak Pada Manajemen Strateginya

 

 

manajemen strategi kunci keberhasilan perusahaanDalam menjalankan perusahaan tentunya bukan hal yang mudah, untuk mencapai tujuan perusahaan tentunya memerlukan strategi yang sangat baik. karena kunci keberhasilan perusahaan terletak pada manajemen strateginya. Manajemen strategi sangat mempengaruhi jalannya sebuah perusahaan. Jika tidak menerapakan manajemen strategi yang baik jangan harap perusahaan anda akan berhasil.

Karena begitu pentingnya, banyak ilmu-ilmu yang memuat bagaimana cara merancang strategi suatu perusahaan. Dan juga menjadi salah satu mata kuliah di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Banyak hal-hal yang dapat kita lakukan untuk merancang strategi bagi perusahaan salah satunya strategi bisnis.

sebelum mengetahui bagaimana cara menyusun strategi bisnis yang baik sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tahapan kegiatan untuk menjalankan strategi.

Tahapan Kegiatan Untuk Menjalankan Strategi

  1. Perumusan strategi. Perumusan strategi adalah proses memilih tindakan utama untuk mewujudkan misi organisasi.
  2. Perencanaan tindakan. Langkah pertama untuk mengimplementasikan strategi yang telah ditetapkan adalah pembuat perencanaan strategi. Inti dari apa yang ingin dilakukan pada tahapan ini adalah bagaimana membuat rencana pencapaian dan rencana kegiatan (program dan anggaran) yang benar-benar sesuai dengan arahan dan strategi yang telah ditetapkan organisasi.
  3. Implementasi. Untuk menjamin keberhasilan strategi yang telah berhasil dirumuskan harus diwujudkan dalam tindakan implementasi yang cermat. Strategi dan unsur-unsur organisasi yang lain harus sesuai, strategi harus tercermati pada rancangan struktur budaya organisasi, kepemimpinan dan sistem pengelolaan sumber daya manusia.

Contoh Cara Menyusun Strategi Bisnis Bagi perusahaan

susunlah strategi bisnis yang baik karena kunci keberhasilan perusahaan terletak pada manajemen strateginya

1. Amati Pesaing Anda

Mengamati produk yang ada di pasaran adalah hal yang perlu anda perhatikan. Ciptakan produk yang berbeda dari yang beredar di pasaran.

2. Kecilkan Target Marketnya

Strategi ini terbilang unik, alih-alih mengembangkan varian produk maupun service, kita malah mengurangi hal-hal tersebut. Contoh strategi bisnis seperti ini dilakukan oleh Instagram, mereka merubah platform social-medianya dari penggabungan Facebook dan Foursquare menjadi hanya fokus ke foto saja.

3. Buat Varian Produk yang Terkait Satu Sama Lain

Melihat contoh strategi bisnis Google, poin ini saya tambahkan. Dengan bejibun produk mulai dari Google Plus, Adsense, Maps, Search Engine, Digital Books, Wallet dan banyak lagi, Google melebarkan varian produknya. Hebatnya semua bisa diakses hanya dengan satu akun Google.

Contoh strategi lainnya dapat kita lihat dari cara Facebook mengakuisisi startup-startup unggulan, mulai dari Whatsapp hingga Instagram. Kini, kita bisa beriklan di Instagram di Facebook lho.

4. Direct Selling Bisa Jadi Lebih Convert!

Mungkin dari kalian ada yang malu berjualan secara langsung makanya kalian membuat akun sosmed seperti instagram, facebook, twitter untuk memasarkan produk kalian. Tapi sebenarnya aset terbesar anda ada pada diri anda sendiri.

5. Beri Produk Gratis, untuk Menarik Minat

Strategi ini merupakan strategi yang banyak dilakukan para pebisnis saat ini. Apalagi kalian tau orang Indonesia sangat senang dengan yang gratis-gratis. Strategi ini bisa jadi penarik minat orang untuk membeli produk anda.

itu dia strategi-strategi bisnis yang dapat anda terapkan untuk memajukan bisnis anda.

 

 

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!