Kenali Gejala, Penyebab, Serta Pengobatan Bipolar Disorder

Gangguan bipolar disorder atau yang biasa dikenal dengan gangguan bipolar adalah kondisi dimana mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Orang yang mengalami gangguan ini memiliki beragam mood, seperti mood yang sangat bahagia (mania) atau sangat sedih (depresi). Kenali gejala itu!

Biasanya di antara perubahan kedua kondisi mood tersebut, pasien tetap mengalami kondisi mood yang normal. Jika pasien sedang mengalami kondisi mood yang sedih, pasien tersebut akan merasa tertekan bahkan akan kehilangan keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan kondisi yang bahagia, ia akan sangat merasa senang pasien akan merasa bersemangat dan penuh gairah.

Kambuhnya penyakit kelainan bipolar pada seseorang biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun. Bahkan ada beberapa pasien yang mengalami kondisi ini hanya dalam seminggu. Dampak yang diakibatkan oleh kelainan ini, yaitu hubungan pribadi pasien akan rusak, rendahnya motivasi dan produktivitas di tempat kerja.

Bahkan ada beberapa kasus orang yang mengalami kelainan ini ingin melakukan bunuh diri. Maka dari itu, apabila anda memiliki kerabat atau keluarga yang memiliki tanda-tanda mengalami kelainan ini, segera menghubungi bantuan medis untuk mengatasi hal ini.

Baca juga :

Kenali Gejala Gangguan Bipolar

Yang harus anda tau terlebih dahulu yaitu gejala atau tanda-tandanya. Setelah anda tau gejalanya, baru anda bisa tau langkah apa yang harus anda lakukan untuk membantu kerabat atau keluarga anda yang mengalami kelainan ini.

Perbedaan kondisi moood yang bercampur aduk akan mengakibatkan penderita menjadi sangat mudah tersinggung dan marah-marah. Perubahan mood ini yang biasanya disertai perubahan ekstrem yang menyangkut energi, aktivitas, pola tidur dan perilaku sehari-hari.

Dalam kondisi Mood bahagia (mania) penderita akan mengalami gejala seperti :

  • Merasa terlalu bahagia dan bersemangat.
  • Sangat sensitif dan mudah tersinggung.
  • Banyak makan.
  • Kurang tidur.
  • Bersikap gegabah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berisiko.
  • Berbicara dengan sangat cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu topik ke yang lainnya.
  • Mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan penilaian atau pembuatan suatu keputusan.
  • Anda bisa juga dapat melihat hal-hal aneh dan mendengar suara-suara misterius.

Sedangkan dalam kondisi Mood sedih (depresi) penderita akan mengalami gejala seperti :

  • Merasa sangat bersedih dan kehilangan harapan pada jangka waktu yang panjang.
  • Kehilangan ketertarikan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Makan lebih sedikit.
  • Merasa ngantuk dan malas.
  • Merasa terlalu sadar diri dan minder.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

Lantas Apa Sebenarnya Penyebab Kelainan Bipolar ?

Sebenarnya penyebab dari gangguan ini belum diketahui secara khusus, namun ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab timbulnya gejala bipolar disorder. Faktor-faktornya yaitu kondisi otak, turunan genetik, dan juga pengaruh lingkungan.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk penyembuhannya?

Pengobatan Gangguan Bipolar Disorder

1. Terapi Obat.

Anda dapat membantu kerabat anda yang mengalami gejala bipolar ini dengan cara menghububi dokter dan meminta resep untuk menstabilkan mood teman anda. Obat tersebut dapat membantu mengurangi gejala yang ia alami. Jenis obat-obatan yang mungkin diberikan berupa obat-obatan antidepresan, penstabil mood, antipsikotik, dan obat anti stress.

2. Konseling

Teman anda mungkin membutuhkan konseling untuk membicarakan kondisinya dan bagaimana cara melewati kondisi mood yang ia sedang alami.

3. Perawatan Rumah Sakit

Jika teman anda sudah dalam kondisi yang sangat parah, yang menyebabkan aksi ingin bunuh diri atau tindakan tragis lainnya, anda sebaiknya membawa teman atau keluarga anda yang mengalami kelainan ini ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan beberapa pertolongan.

Nah, itu saja informasi yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!