Fakta Tentang Hobi Ngemil di Malam Hari

Rasa lapar memang kadang tidak bisa tertahankan, apalagi pada malam hari. Kitapun mengakalinya dengan ngemil makanan ringan. Tapi banyak orang yang mengatakan bahwa ngemil pada malam hari memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Di sini kita membahas mengenai fakta tentang hobi ngemil di malam hari.

Fakta Tentang Hobi Ngemil di Malam Hari

Apakah benar ngemil di malam hari berdampak buruk untuk tubuh kita, atau justru membawa manfaat?

Fakta Ngemil di Malam Hari

Penelitian dari University of California menemukan bahwa mengonsumsi cemilan malam bisa menambah risiko diabetes dan kanker payudara. Justru, tidak ngemil pada malam hari lebih bermanfaat buat tubuh. Ngemil di tengah malam harus dihindari sebab metabolisme tubuh harus bekerja sejalan dengan jam tidur dan bangun.

Hobi ngemil di malam hari juga biasa dirasakan oleh para pelaku diet yang mengurangi makan di siang hari, padahal itu justru mengurangi asupan energi dan menimbulkan rasa lapar yang dapat mengganggu tidur di malam hari.

Ngemil larut malam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk asam lambung dan dalam kasus terburuknya dapat menyebabkan kanker esofagus.

Kanker esofagus merupakan penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal jaringan epitel pada kerongkongan (esofagus). Kanker esofagus dapat terjadi di bagian kerongkongan manapun, namun kondisi ini umumnya terjadi pada bagian bawah. Hal ini terjadi karena kebiasaan ngemil di malam hari dapat mengakibatkan kegemukan hingga obesitas.

Kebiasaan ngemil di malam hari juga membuat anda menjadi semakin gemuk, apakah anda ingin tampil dengan berat badan yang tidak terkontroll? Apalagi jika anda adalah seorang wanita, tentu anda ingin tampil sempurna dengan bentuk tubuh yang ideal. Maka dari itu berusahalah untuk menghentikan kebiasaan ngemil anda pada malam hari.

Baca juga :

Cara Berhenti Hobi Ngemil di Malam Hari

Jadi bagaimana cara agar kita dapat berhenti melakukan kebiasaan ngemil di malam hari? Tentu saja bahwa kita harus mengatur kembali gaya hidup dan makan lebih teratur.

Kita sering mendengar perkataan “jangan makan setelah pukul 6 atau 7 malam” tapi kita tidak tahu bagaimana cara menyesuaikannya dengan pola hidup.   Makan malam pukul 6 adalah hal normal bagi mereka yang biasa langsung tidur pukul 10 malam.

Akan tetap jika anda biasanya bangun sampai jam 1 pagi, makan malam pukul 6 adalah pilihan yang salah. Karena saat larut malam, anda akan merasa sangat lapar sehingga anda harus menguras isi kulkas anda untuk mengisi kekurangan kalori yang anda buat.”

Saya menyarankan bagi anda yang sering begadang, lebih baik makan malam dua jam sebelum tidur agar tubuh dapat mencerna secara sempurna. Makanan yang bisa membantu agar malam hari anda terbebas dari rasa ingin ngeil makanan yang menganug vitamin B6 seperti pisang.

Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!