Hidung Bayi Tersumbat di Malam Hari? Atasi Secara Alami

postingan saya kali ini membahas cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari. Bagi seorang ibu yang memiliki seorang bayi, pasti merasa tidak tenang jika masalah ini terjadi pada bayi anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasinya, anda bisa mencoba cara tradisional untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi anda di malam hari. Hidung tersumbat pada malam hari juga berlaku pada bayi yang baru lahir.

Anak yang tidak sedang dalam keadaan pilek juga bisa mengalami hidung tersumbat. Namun hal ini disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Biasanya masalah ini banyak terjadi pada bayi yang berusia 2 dan 3 tahun.

Hidung tersumbat atau pilek pada anak umumnya cukup sering terjadi pada usia di 3 tahun. Hal ini dikarenakan bayi belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Pada saat pilek terjadi penumpukan lendir/ingus yang menyebabkan hidung tersumbat dan membuat bayi sulit bernapas. Sehingga akan membuat bayi menjadi rewel karena tidak nyaman.

Bukan hanya itu saja, tapi hidung tersumbat juga membuat si kecil kesulitan bernapas, yang mengakibatkan nafsu makan bayi menurun.

Baca juga :

Cara Alami Atasi Hidung Bayi Tersumbat Pada Malam Hari

Memang sih, kondisi ini tidak begitu menghawatirkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika si kecil tidak ingin makan, tentu akan membuat anda merasa cemas. Maka dari itu, saya akan berbagi kepada anda, hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jauhkan Bayi Anda Dari AC

Ruangan yang berAC akan menyebabkan produksi lendir oleh sel goblet yang melapisi saluran pernapasan menjadi meningkat. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak menyalakan AC anda untuk sementara agar hidung mampet bayi anda tidak semakin parah.

Jemur Bayi Anda di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi sebelum pukul 9 pagi dapat membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasannya. Jemur bayi anda di bawah sinar matahari pagi sekitar 15-20 menit

Keluarkan Lendir Dari Hidung Bayi

Bantu bayi mengeluarkan ingusnya dengan cara encerkan lendirnya menggunakan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Kemudian, gunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung.

Balurkan Minyak

Letakkan tangan di dada bayi. Gosok perlahan dada membentuk bentuk hati
Dalam gerakan pijat ini, Anda membutuhkan baby oil atau minyak telon yang bisa membantu menghangatkan tubuh bayi.

Bersihkan Hidung Bayi

Lendir yang keluar dan akhirnya menempel di area luar hidung bayi anda akan mengering dan membuat bayi semakin sulit bernapas. Anda bisa mengatasinya dengan tisu basah atau kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Dengan begitu ingus yang mengeras akan jadi lebih mudah dibersihkan

Tepuk Punggung Bayi

Hidung yang tersumbat akan membuat bayi anda menjadi rewel. Anda bisa mengatasinya dengan cara menepuk-nepuk bagian belakang bayi anda secara perlahan. Cara ini juga membantu lendir-lendir yang tersumbat keluar dari dalam hidung

Sekian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!