Fakta dan Mitos Seputar Legenda Sang Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul adalah sosok yang paling ditakuti oleh masyarakat Jawa. Sang Nyi Roro Kidul adalah Ratu penguasa pantai selatan yang terletak di Samudra hindia. Sosok Nyi Roro Kidul masih menjadi kontrovesial, karena banyak yang percaya akan keberadaan Sang Ratu ini ada juga yang mengatakan bahwa itu cuma mitos belaka.

Akan tetapi, masih banyak saja yang percaya bahwa cerita ini memang benar-benar nyata. Hal itu dibuktikan karena masih banyak masyarakat pulau Jawa yang datang mengadakan upacara untuk menghormati sosok ini setiap tahunnya.

Cerita legenda Nyi Roro Kidul tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, tapi cerita ini juga menyebar sampai ke luar negeri. Dengan begitu, banyak orang dari berbagai mancanegara ingin membayar rasa penasarannya dengan datang ke pantai ini.

baca juga :

Fakta dan Mitos Legenda Nyi Roro Kidul

Sebenarnya banyak versi dari legenda ini dan banyak pula mitos yang menyebar tentang legenda ini. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa saja sih fakta dan mitos tentang Nyi Roro Kidul.

1. Larangan Berpakaian Warna Hijau

Nyi Roro Kidul dikenal dengan ratu yang diidentik dengan warna hijau. Mulai dari pakaian hingga istananya semu serba hijau.  Dengan begitu ada mitos yang mengatakan bahwa orang yang berkunjung di pantai selatan tidak boleh mengenakan pakaian yang berwarna hijau. Karena mereka akan jadi incaran Ratu pantai selatan ini. Ada sebagian orang yang percaya bahwa mereka akan ditelan ombak dan akan dijadikan pengawal Nyi Roro Kidul.

2. Pintu Gerbang Bertemu Nyi Roro Kidul

 sang Nyi roro kidul

Ada yang percaya bahwa legenda Nyi Roro Kidul bukan hanya legenda saja, tapi ada juga yang mengatakan bahwa ada beberapa tempat sebagai tempat pintu gerbang penghubung dengan Nyi Roro kidul. Tempat itu berada di pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat, Keraton Surakarta Hadiningrat, Pantai Sembukan, Pantai Parangtritis, dan Vihara Kalyana Mitta.

Bahkan ada pemilik hotel di kawasan pantai selatan yang menyediakan kamar khusus untuk Ratu. Kamarnya berada di nomor 327 dan 2401 di Hotel Grand Bali Beach. Mereka percaya karena konon katanya kamar itu adalah satu-satunya kamar yang selamat dari kebakaran besar beberapa waktu yang lalu.

3. Sedekah Laut

Para nelayan rutin memberikan persembahan laut untuk Nyi Roro Kidul setiap tanggal 6 april dengan mempersembahkan kepala kerbau beserta sesaji lainnya. Mereka berharap, dengan melakukan rutinitas ini mereka akan terus dilindungi dalam berlayar dan mendapatkan tangkapan ikan yang banyak.

4. Istri Spritual Raja

Awalnya pangeran Panembahan Senopati ingin mendirikan kerajaan baru, yakni kesultanan Mataram. Karena itu, ia bertapa di Parang Kusumo atau Pantai Selatan yang menyebabkan sang Ratu Kidul merasa terganggu. Sang Ratu yang melihat Panembahan Senopati yang tampan lalu jatuh cinta dan meminta agar sang Panembahan menghentikan tapanya. Dan sebagai gantinya, Ratu Kidul akan membantu mendirikan kerajaan dan ia dilamar untuk menjadi pasangan spiritual serta melindungi kerajaan. Tak hanya Panembahan Senopati, tapi semua raja keturunan Mataram menjadi pasangan spritual Nyi Roro Kidul.

Sekian cerita tentang Nyi Roro Kidul, anda ingin menganggap cerita di atas sebagai mitos belaka atau percaya bahwa ceritanya adalah fakta itu terserah dari diri anda sendiri. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!