Dampak Perubahan Iklim Dan Akibatnya Bagi Kesehatan

Apa saja dampak perubahan iklim dan akibatnya bagi kesehatan ?? Sebelum lebih jauh mengenai masalah perubahan iklim, Anda juga perlu mengetahui apa itu perubahan iklim! Perubahan iklim merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kejadian seperti ancaman penyakit menular..

Dimana kejadian ini bisa terjadi karena kondisi udara pada waktu tertentu dan juga diwilayah tertentu yang isa terjadi pada jangka waktu yang cukup singkat..

Untuk kondisi yang dimaksud diatas seperti hujan, panas ataupun mendung. Keadaan cuaca sangat mudah berubah-ubah! Hal ini dipengaruhi oleh tekanan udara, angin, kelembapan serta curah hujan..

Maka dari itu perubahan iklim dan di bumi yang terjadi sanagat mempengaruhi setiap makhluk hidup yang ada di dalamnya baik secara fisik maupun secara psikologis..

Klik disini untuk membaca artikel kesehatan lainnya!

Dampak Perubahan Iklim Dan Akibatnya Bagi Kesehatan

Masalah inilah yang membuat beberapa orang bahkan anda mungkin mencari tahu dampak perubahan iklim khususnya di Indonesa itu apa serta akibatnya bagi kesehatan bisa seperti apa juga..

Contoh kecilnya saja seperti hal yang perlu diwaspadai dari perubahan cuaca adalah meningkatnya suhu global yang menjadi faktor atau pengantar perubahan-perubahan lainnya seperti naiknya permukaan air laut, dan meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim yang biasa kita rasakan secara langsung..

Seperti pada umumnya yaitu cuaca panas menyengat bisa berlangsung lebih lama tanpa diduga sebelumnya, Nah udara yang seperti inilah dapat menimbulkan penyakit-penyakit kardiovaskular serta gangguan pernapasan..

Dampak lainnya seperti curah hujan yang kian meningkat berpotensi menimbulkan banjir bandang yang dapat menimbulkan kurangnya sumber air bersih dan air yang aman untuk dikonsumsi sebagi MCK! Adapun penyakit-penyakit yang ditimbulkan seperti diare..

Apa saja akibat dan penyakit yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan, Berikut contohnya..!!

Ada 4 penyakit yang perlu anda waspadai ketika perubahan iklim terjadi, Untuk itu anda harus selalu waspada dan tetap melakukan olahraga serta pola atau cara hidup yang sehat..

1.Penyakit Asma

Penyakit yang pertama yaitu asma! Penyakit ini bisa terjadi karena polutan di udara akan memicu atau memperburuk serangan asma pada mereka yang memang memilikinya..

Dan juga sangat diyakini dapat menyebabkan peradangan dan mengganggu sistem pernapasan, di samping iritasi lainnya, dan paling rawan adalah terhadap kesehatan bayi dan anak-anak..

Hal ini juga disebabkan karena paru-paru mereka yang memang masih berkembang. Di sisi lain, mereka lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan atau lingkungan terbuka seperti saat bermaian…

2.Gangguan pencernaan

Sedangkan untuk penyakit yang kedua adalah gangguan pencernaan! Biasanya penyakit ini menyerang ketika musin pancaroba terjadi, penyakit yang timbul diantaranya seperti diare, demam tifoid..

Untuk mencegahnya sendiri agar tidak terserang gangguan pencernaan sangat disarankan agar anda menjaga kebersihan diri misalnya mencuci tangan pakai sabun, mengkonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, berolah raga dengan rutin dan perbanyak minum air putih ketika aktif beraktivitas..

3.Heatstroke

Untuk penyakit yang ketiga yaitu heatstroke! Dimana penyakit ini si sebabkan peningkatan suhu udara diseluruh wilayah dunia, bahkan bisa disebut juga serangan panas yang lebih lama dari sebelumnya..

Akibat kondisi ini sendiri dapat memicu penyakit seperti hipertermia, yang terjadi ketika cuaca semakin panas dan lembab dikhawatirkan berkeringat saja tidak cukup menurunkan suhu internal tubuh anda..

4.Pertumbuhan Bakteri Berbahaya

Penyakit yang terakhir yang biasa muncul akibat perubahan iklim adalah timbulnya atau bertumbuhnya bakteri berbahaya yang disebabkan oleh air dan udara yang berpindah dari satu tempat ke temapt yang lain..

Ternyata perubahan iklim juga menyebabkan wilayah yang lembab akan menjadi lebih lembab, sedangkan wilayah kering semakin kering. .

Fenomena alam ini yang mengakibatkan debu-debu beterbangan dan biasanya akan berakhir di lautan disuatu wilayah, Debu-debu tersebutlah yang mempercepat perkembangan bakteri yang terjadi akibat perubahan iklim..

Walapun bukan pentakit yang tergolong kronis, Tetap saja menggangu dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk itu ketika perubhan iklim atau musim terjadi usahakan tetap jaga kesehatan anda..

Semoga Bermanfaat..!!

Baca juga artikel tentangĀ Cara Mandi Yang Benar Agar Tidak Terkena Penyakit Kulit

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

error: Content is protected !!