Cara Untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Menjadi mahasiwa berprestasi/mawapres tentu adalah sesuatu hal yang sangat membanggakan bagi diri sendiri terutama bagi orang tua kita. Cara untuk menjadi mahasiswa berprestasi di kampus bukanlah sesuatu yang mudah apalagi di tingkat nasional. Menjadi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional sangat bermanfaat buat masa depan kita. Banyak seleksi yang harus dilalui ketika ingin menjadi mahasiwa berprestasi.

MAWAPRES adalah suatu ajang bergengsi bagi mahasiswa program sarjana maupun diploma yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) setiap tahunnya. Untuk menyandang gelar mawapres tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah, banyak hal-hal yang harus dilakukan yang tentunya harus belajar super ekstra.

Bagi teman-teman yang ingin ikut seleksi menjadi mawapres, saya akan membagikan beberapa cara agar teman-teman bisa menyandang gelar bergengsi ini.

baca juga Etika Mahasiswa Menghubungi Dosen Melalui Telepon

Cara Untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)

Banyak yang harus teman-teman lakukan jika ingin meraih gelar menjadi mahasiswa berprestasi. perhatikan hal-hal berikut!

1. Pertahankan dan Tingkatkan Indeks Kumulatif Prestasi

Sebenarnya tidak ada patokan atau syarat berapa IPK yang anda punya ketika ingin mendaftar di seleksi ini. Tapi saya sarankan agar anda memiliki IPK 3.00 atau bahkan 3.5 lebih bagus.

Untuk bisa mendapatkan IPK yang tinggi dan baik teman-teman semua tentunya harus giat belajar, mengulang materi yang diberikan dosen, menyimak dengan baik setiap pemaparan yang diberikan dosen dengan baik dan tentunya berdoa kepada Tuhan. Bobot IPK dalam penilaian seleksi mahasiswa berprestasi ini yaitu mencapai 20 %.

2.  Cara Untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi yaitu Aktif Organisasi

Syarat kedua untuk mendaftar seleksi ini yaitu teman-teman harus melampirkan maksimal 10 prestasi terbaik yang anda dapatkan pada masa duduk di bangku kuliah. Prestasi tersebut dapat berupa perlombaan di tingkat provinsi bahkan tingkat Internasional. Bisa juga anda melampirkan pernyataan bahwa anda pernah menjadi ketua organisasi atau kemampuan akademik lainnya.

Setiap lampiran tentu memiliki point-point sendiri, apalagi jika teman-teman mendapat juara 1 di salah satu perlombaan, hal itu akan mendapatkan point paling tinggi dari yang lain. Untuk aktif di organisasi memang tidak mudah, karena teman-teman tentu harus fokus kepada IPK.

Strateginya untuk bisa memenuhi kriteria ini yaitu sebaiknya teman-teman aktif mulai mengikuti kegiatan lomba dan berorganisasi ketika memasuki tahun kedua dan ketiga kuliah, sedangkan di tahun pertama kuliah lebih terfokuslah untuk bisa memantapkan IPK.

3. Berlatih dan Kuasai Bahasa Inggris

Hal ini adalah yang penting untuk teman-teman perhatikan. Syarat agar bisa ikut bergabung dalam seleksi ini yaitu teman-teman harus bisa menguasai bahasa inggris. Karena anda akan diperintahkan membuat summary atau rangkuman dari karya tulis ilmiah, yang sudah anda buat menggunakan bahasa inggris. Hal ini bertujuan untuk menilai apakah anda mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa inggris atau tidak.

Strategi yang anda bisa lakukan agar lolos di tahap ini yaitu rajin-rajinlah belajar public speaking agar anda bisa terlatih untuk menguasai bahasa inggris. Atau anda bisa ikut dalam kursus bahasa inggris yang anda percaya bisa dengan maksimal melatih anda.

Buatlah karya tulis ilmiah yang menarik serta kuasai isi dari karya tulis yang anda buat karena karya tulis. Usahakan anda mencantumkan beberapa topik seputar masalah yang terjadi di Indonesia.

4. Perbanyak Koneksi dan Berdoa

Hal lainnya yaitu perbanyak koneksi dengan orang-orang atau senior yang pernah mendaftar atau bahkan lebih baik dengan orang yang sudah pernah berhasil menyandang gelar ini. Hal ini teman-teman lakukan agar bisa lebih banyak belajar dan tau apa yang harus teman-teman lakukan agar bisa berhasil.

Dan yang paling penting yaitu berdoa kepada Tuhan. Karena segala sesuatu berhasil itu karena berkat pertolongan Tuhan.

Semoga dengan artikel ini, teman-teman bisa mencapai cita-cita.

baca juga Kunci Keberhasilan Perusahaan Terletak Pada Manajemen Strateginya

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!