Cara Menjaga Toleransi Dalam Kehidupan Sesama Umat Beragama

Kenapa sangat penting bagi kita mengetahui cara menjaga toleransi sesama umat beragama, Sudah kita ketahui bersama kerukunan umat beragama ditengah keanekaragaman budaya merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia..

Dalam perjalanan sejarah bangsa, Pancasila telah terbukti mampu menjadi alternatif yang paling tepat untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk di bawah suatu tatanan yang inklusif dan demokratis..

Telah terbukti juga berbagai macam kendala yang sering kita bahkan anda hadapi dalam mensukseskan kerukunan antar umat beragama di Indonesia, dari luar maupun dalam negeri kita sendiri..

Namun dengan kendala tersebut kita sebagai warga Indonesia selalu percaya dan optimis, Bahwa dengan banyaknya agama yang ada di Indonesia, maka banyak pula solusi untuk menghadapi kendala-kendala tersebut, Walaupun terkadang ada saja masalah atapun perselisihan sering terjadi..

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim Dan Akibatnya Bagi Kesehatan

Cara Menjaga Toleransi Dalam Kehidupan Sesama Umat Beragama..

Kita ketahui bersama dari berbagai pihak telah sepakat untuk mencapai tujuan kerukunan antar umat beragama di Indonesia seperti masyarakat dari berbagai golongan, pemerintah, dan organisasi-organisasi agama yang banyak berperan aktif dalam masyarakat..

Maka dari itu juga sangat penting bagi kita masyrakat indonesia tetap menjaga toleransi, Untuk itu artikel kali ini menjelaskan cara menjaga toleransi sesama umat beragama..

Lanjut.. Hal dibawah ini menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sesama umat beragama..!!

Bicara tentang toleransi, Untuk itu hal berikut beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan bahkan lakukan untuk menjadi warga Indonesia yang patut hukan dan bertoleransi dalam lingkungan hidup anda..

Sebagai Berikut..!!

1.Menghindari Terjadinya Perpecahan

Cara yang pertama adalaH bersikap toleran agar terhindar akan adanya konflik, Cara ini merupakan solusi agar tidak terjadi perpecahan dalam mengamalkan agama..

Sikap bertoleransi harus menjadi suatu kesadaran pribadi yang selalu dibiasakan dalam wujud interaksi sosial antar umat beragama..

Toleransi dalam kehidupan beragama menjadi sangat mutlak adanya dengan eksisnya berbagai agama samawi maupun agama ardli dalam kehidupan umat manusia sekarang ini..

2.Memperkuat Silaturahmi dan Bisa Menerima Perbedaan

Salah satu contoh berikutnya untuk mwwujudkan toleransi hidup beragama adalah menjalin dan memperkuat tali silaturahmi antarumat beragama dan menjaga hubungan yang baik dengan manusia lainnya..

Pada umumnya, manusia tidak dapat menerima perbedaan antara sesamanya, perbedaan dijadikan alasan untuk bertentangan satu sama lainnya. Perbedaan agama merupakan salah satu faktor penyebab utama adanya konflik antar sesama manusia..

Untuk bisa menjaga hubungan damai antar penganut agama hanya bisa dimungkinkan jika masing-masing pihak menghargai pihak lain. Mengembangkan sikap toleransi beragama, bahwa setiap penganut agama boleh menjalankan ajaran dan ritual agamanya dengan bebas dan tanpa tekanan..

Nah maka dari itu, Untuk bisa memaknaitoleransi beragama kita jadikan kekuatan untuk memperkuat silaturahmi dan menerima adanya perbedaan. Dengan ini, akan terwujud perdamaian, ketentraman, dan kesejahteraan dalam setiap kehidupan umat beragama..

3.Peranan Guru Dan Orangtua

Sekolah adalah gambaran kecil dari masyarakat. Di dalamnya terdapat siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, termasuk di dalamnya perbedaan agama..

Untuk itu adakah dari anda yang memiliki peran sebagai seorang guru?? Perlu anda ketahui, bahwa yang dapat menumbuhkan sikap toleransi pada diri siswa terkhusus kepada mereka yang berbeda agama yaitu anda sendiri..

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan sikap toleransi diantara mereka adalah dengan membentuk kelompok belajar yang di dalamnya terdiri dari siswa-siswa yang memliki latar agama yang berbeda, Dimna dalam kelompok tersebut mereka dapat belajar menghargai pendapat antara satu dengan yang lainnya..

Sedangkan peranan orang tua adalah, bagaimana anda bisa memberikan pengajaran sejak dini kepada anak anda, Agar nantinya mereka dapat belajar menerima dan menghargai terhadap kehadiran penganut agama lain di sekitarnya atau dalam lingkup hidup bertetangga..

Dengan cara ini diharapkan mereka dapat belajar bersikap toleransi yang pada akhirnya dapat memunculkan sikap saling mengormati hak dan kewajiban antar umat beragama mulai dari lingkungan kecil, kelompok dan sekolah, sehingga diharapkan mereka dapat memiliki sikap toleransi dan dapat menghargai agama lain..

Dari 3 hal kecil diatas, dapat dikatakan mempunyai peran sangat penting untuk anda dalam menjaga sikap toleransi sesama umat beragama.. Semoga Bermanfaa..!!

Baca juga arikel menarik ini

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

error: Content is protected !!