Cara Menjaga Kesehatan Pada Sistem Pernapasan

Bagaimana cara menjaga kesehatan khususnya pada sistem pernapasan? Seperti kita ketahui bersama pernapasan sangat erat hubungannya dengan paru-paru..

Untuk itu paru-paru sendiri merupakan bagian penting dari organ tubuh yang berfungsi untuk melakukan pertukaran oksigen yang terkandung di dalam udara yang masuk ke dalam darah dan karbon dioksida yang dibuang melalui mulut atau hidung kita..

Karena begitu pentingnya bagian tubuh ini dalam sistem pernafasan, upaya menjaganya agar tetap dalam kondisi baik dan sehat,  dengan cara tersebut akan membuatnya selalu berfungsi sesuai dengan baik dan seharusnya..

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Pada Sistem Pernapasan?

Mengenai cara mengatasi masalah kesehatan seperti ini, pasti ada saja alasan mengapa bisa terjadi. Anda bisa lihat sendiri dengan kondisi udara yang semakin memburuk..

Seperti anda lihat di daerah perkotaan dengan berbagai polusi, baik kendaraan bermotor maupun asap pabrik, tentunya sangat tidak baik bagi sistem pernafasan kita, terutama paru-paru..

Lalu.. Bagaimana cara menghadapi atau mengatasi masalah seperti ini? Untuk itu kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai masalah kesehatan pada sistem pernapasan..

Berikut  Cara Mencegah  Penyakit Khususnya Pada Sistem Pernapasan..!!

Adapun beberapa contoh penyakit yang sering menyerang sistem pernapasan, seperti asbestosis, asma, batuk rejan, bronkitis, faringitis, ispah, influenza dan lain-lain. Bagaimana mengatasinya? simak beberapa ulasan yang ada di bawah ini :

Sebagai berikut..!!

Baca juga : Herbal Yang Baik Untuk Detoksifikasi Organ Hati Anda

1.Perhatikan Lingkungan Sekitar

Pada umumnya jika menjaga lingkungan tetap bersih sehingga udara yang dihirup juga bebas dari polusi, ternyata salah satu upaya menjaga paru-paru agar tetap sehat..

Karena udara yang berkualitas sekaligus akan memberikan asupan oksigen yang cukup bagi tubuh sehingga gangguan organ pernapasan dapat dicegah sejak dini..

2.Latihan Olah Pernapasan

Sangat dianjurkan untuk rutin menarik napas dalam-dalam atau olah pernapasan. Proses tersebut akan membantu paru-paru anda untuk bekerja lebih optimal sehingga tidak kekurangan oksigen..

Karena semakin banyak pasokan oksigen ke paru-paru, maka paru-paru akan semakin sehat dan mampu bekerja dengan baik..

3.Gunakan Masker

Penggunaan masker saat bepergian sangat di anjurkan. contohnya jika anda hendak bepergian menggunakan sepeda motor ataupun berjalan kaki..

Untuk itu gunakanlah masker agar asap kendaraan bermotor atau pun debu tidak masuk melalui organ pernapasan anda..

4.Rutin Konsumsi Sayur Dan Buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kedua jenis asupan tersebut mengandung banyak antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan organ..

5.Rutin Berolahraga

Karena dengan rutin berolahraga, akan membantu kinerja paru-paru untuk meningkatkan kapasitasnya dalam proses menghirup dan menahan udara lebih lama..

Berolahraga juga dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga penyebaran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar dalam prosesnya..

6.Penggunaan Ventilasi Udara

Memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan atau rumah anda. Cara ini akan membantu proses pertukaran udara dalam ruangan atau tempat tinggal anda..

Dan bagi anda khususnya yang sering bekerja di dalam ruangan, bukalah udara di siang hari agar pertukaran udara lebih lancar sehingga jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh juga lebih banyak..

7.Hindari Rokok Dan Minuman Beralkhohol

Kebiasaan merokok terbukti menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit organ pernapasan. Ribuan toksin yang ada dalam rokok akan tertimbun di paru-paru dan menyebabkan kinerja paru-paru tidak lagi optimal..

Kemudian jangan minum minuman beralkohol. Minuman beralkhohol terbukti dapat menyebabkan kerusakan organ dan menyebabkan sesak napas..

Agar tetap sehat dalam menjalani hidup sehar-hari, 7 cara diatas bisa anda lakukan dengan rutin khususnya dalam masalah kesehatan pernapasan anda dan keluarga anda..

Semoga bermanfaat..!!

Klik disini untuk info menarik lainya..

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

error: Content is protected !!