Cara Menghilangkan Beruntusan di Wajah Secara Alami

Memiliki beruntusan di wajah memang sangat menjengkelkan, pasalnya cara menghilangkan beruntusan lebih sulit daripada menghilangkan jerawat pada umumnya.

Beruntusan sama seperti jerawat pada umumnya, namun beruntusan terlihat lebih kecil seperti bintik-bintik pada kulit. Penyebab munculnya pun sama seperti jerawat pada umunya yaitu bakteri dan minyak. Minyak berlebih pada wajah mengakibatkan pori-pori kulit menjadi tersumbat.

Penyebab lain timbulnya beruntusan yaitu penggunaan kosmetik. Hal itu disebabkan karena kandungan bahan kimia pada kosmetik tidak cocok dengan kulit anda.

Beruntusan muncul di sekitar kulit wajah seperti dahi, hidung bahkan ada di bagian kelopak mata. Meski kecil, beruntusan dapat mengganggu percaya diri bagi setiap orang.

baca juga :

Cara Menghilangkan Beruntusan di Wajah Secara Alami

Di sini saya akan berbagi kepada anda cara-cara menghilangkan beruntusan di wajah menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman untuk anda pakai di kulit wajah anda.

1. Masker Madu dan Kayu Manis

Siapkan satu sendok kayu manis bubuk lalu campurkan dengan 2 sdm madu. Setelah tercampur rata, usapkan pada kulit anda yang mengalami beruntusan.

2. Kulit Pisang

Biasanya ketika anda memakan buah pisang, anda pasti membuang kulitnya kan? Siapa sangka bahwa kulit pisang yang anda buang itu ternyata memiliki berjuta manfaat salah satunya dapat menghilangkan beruntusan pada wajah anda. Karena kulit pisang mengandung vitamin B, C, B6, Kalium, fosfor, zat besi dan magnesium.

Caranya sangat mudah, cukup anda oleskan bagian dalam kulit pisang yang sudah masak atau yang berwarna kuning kepada wajah anda. Tunggu sampai 15 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

3. Masker Pepaya

Ternyata pepaya muda mengandung enzim dua kali lipat dibandingkan dengan pepaya masak. Pepaya muda sangat baik untuk menghilangkan jerawat dan beruntusan tanpa meninggalkan bekas atau noda pada kulit. Pepaya mampu menyerap minyak pada kulit dan enzim papain yang ada pada pepaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Caranya yaitu :

  1. Siapkan buah pepaya secukupnya lalu blender sampai halus.
  2. Tambahkan beberapa sendok makan madu kemudian aduk hingga rata.
  3. Oleskan masker ini pada kulit wajah yang ada jerawatnya.
  4. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas wajah anda sampai bersih menggunakan air hangat.

4. Ketumbar

Ketika kita mendengar nama ketumbar, pasti yang ada dalam fikiran kita yaitu bumbu masakan di dapur. Yah ketumbar adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Tapi siapa sangka bahwa bumbu dapur ini sangat baik untuk menyembuhkan beruntusan pada kulit wajah. Itu disebabkan karena ketumbar mengandung anti inflamasi dan antiseptik yang bisa mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh beruntusan

Caranya yaitu :

  1. Siapkan satu sendok biji ketumbar lalu rebus bersama air sebanyak 1 gelas
  2. Setelah mendidih, dinginkan air rebusan ketumbar tersebut
  3. Minum air rebusan ketumbar dan lakukan cara ini sebanyak 3 kali seminggu.

5. Baking Soda

Baking soda mampu menetralkan PH kulit, mengangkat sel sel kulit mati dan mempercepat penyembuhan beruntusan.

Caranya yaitu

  1. Siapkan 2 sendok makan baking soda, 2 sendok makan air, dan pelembab nonkomedogenik.
  2. Campurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta yang halus.
  3. Cuci wajah dengan pembersih dan tunggu hingga kering sendiri (jangan menggunakan handuk)
  4. Oleskan campuran baking soda yang berbentuk pasta pada kulit yang beruntusan
  5. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.
  6. Gunakan pasta baking soda ini 2x seminggu

6. Minyak Cengkeh

Selain berguna sebagai bahan untuk pembuatan rokok, cengkeh memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Khasiat ini sudah dikenal dari dulu sebelum produk-produk kecantikan pada bermunculan. Karena formula minyak cengkeh murni sangat pekat dan keras, jangan langsung menggunakannya tanpa tambahan bahan lain. Bahan yang bisa digunakan sebagai campuran antara lain minyak biji angur, minyak zaitun, dan minyak almond. Perbandingan minyak cengkeh dan bahan campuran adalah 1:10.

7.  Putih Telur

Biasanya masker putih telur dimanfaatkan untuk mengangkat komedo dari kulit. Tapi ternyata kandungan yang ada putih telur mampu mengecilkan pori-pori kulit dan dapat menyembuhkan penyakit kulit yang ngeselin ini. Caranya sama seperti masker lainnya, cukup ambil putih telur lalu oleskan pada kulit wajah. Mengoleskan pada seluruh kulit wajah juga tidak apa-apa karena putih telur juga befungsi untuk memutihkan kulit wajah anda.

8. Lemon

Buah lemon mengandung vitamin E dan vitamin C yang tinggi, yang sangat baik untuk menutrisi kulit wajah anda. Kandungan vitamin C pada lemon baik untuk melawan bakteri penyebab beruntusan pada wajah anda. Jika anda kesulitan mendapatkan buah lemon, anda bisa menggantikannya dengan buah jeruk nipis. Kandungan vitamin pada jeruk nipis hampir sama tingginya dengan kandungan vitamin yang ada pada lemon.

Caranya yaitu oleskan perasan lemon atau jeruk nipis pada kulit wajah anda yang sebelumnya sudah anda bersihkan menggunakan air hangat. Setelah itu, tunggu sampai 20 menit dan bilas hingga bersih.

Anda bisa mendapatkan kembali kulit wajah sehat anda jika anda melakukan perawatan yang tepat. Selain menggunakan bahan alami seperti di atas, sebaiknya anda menjauhi faktor-faktor yang membuat kulit wajah anda tidak sehat seperti itu. Contohnya:

  1. Jangan menggunakan makeup yang tidak cocok pada kulit wajah anda
  2. Jangan sering berganti-ganti menggunakan produk kecantikan
  3. Jauhi makanan penyebab beruntusan seperti makanan berminyak, berlemak dan minuman yang bersoda
  4. Sebaiknya anda rutin mencuci wajah sebanyak 2x sehari

Jika anda melakukan cara-cara di atas dengan rutin dan tepat, maka anda akan mendapatkan kulit yang lebih sehat. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!