Cara Menghilangkan Kerutan Pada Wajah di Usia Dini

Memiliki kulit yang mulus dan tentunya awet muda adalah impian semua wanita. Kulit yang awet muda yaitu kulit yang tidak memiliki kerutan di wajah. Tapi bagaimana jika sesorang yang belum pada masanya, namun kulitnya sudah memiliki kerutan? Tentu hal ini adalah hal yang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Dengan begitu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan kerutan pada wajahnya.

Yah kerutan di wajah memang tidak mengenal usia, wanita yang berumur masih muda pun dapat terkena masalah kulit yang satu ini. Hal itu dikarenakan karena tidak merawat kulit dengan benar.

Cara Menghilangkan Kerutan Pada Wajah di Usia Dini

Banyak yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit ini. Berikut jawabannya

1. Jangan Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mungkin anda berfikir bahwa sering mencuci wajah akan membuat wajah anda menjadi bersih. Jika anda berfikir demikian, berarti anda adalah salah satu wanita dari berjuta orang yang menganggap hal itu benar. Padahal, dengan mencuci wajah yang terlalu sering justru akan membuat kulit anda menjadi kering dan juga dapat merangsang produksi minyak pada wajah secara berlebihan. Hal ini yang kadang membuat kulit mengalami masalah lain seperti berjerawat dan berkomedo. Cara yang benar dalam mencuci wajah yaitu 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari.

2. Istirahat Yang Cukup

Waktu yang ideal bagi orang untuk tidur adalah 8 jam per hari. Karena dengan tidur, tubuh akan melakukan regenerasi termasuk meregenerasi kulit-kulit mati pada wajah. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memperbaiki kulit yang rusak. Jadi hal inilah yang kadang membuat wanita yang masih muda memiliki kerutan pada wajahnya, karena dengan waktu tidur yang kurang, tubuh akan melepaskan hormon koristol yang dapat menghambat proses regenerasi tubuh sehingga mengganggu regenerasi kulit. Jadi bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah yang awet muda, usahakan anda memiliki waktu yang cukup yaitu 8 jam per hari.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Sebenarnya banyak orang yang belum tau mengenai hal ini. Posisi tidur sangat menentukan kesehatan kulit anda. Yah posisi tidur yang menyamping atau tengkurap sangat tidak baik untuk kesehatan kulit anda karena akan menyebabkan berat badan tubuh bertumpu pada satu posisi sehingga dapat memicu kerutan timbul pada wajah anda. Hal ini dapat mengakibatkan penuruna elastisitas kulit seiring dengan bertambahnya usia. Jadi pastikan anda tidur dengan posisi yang benar.

4. Minum Air Yang Cukup

Hampir semua penyakit dan masalah kulit membutuhkan air yang cukup untuk proses penyembuhan dan pemulihannya. Dengan minum air, metabolisme pada tubuh akan berjalan dengan baik. Metabolisme tubuh membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat, maka sebaiknya anda memenuhi kebutuhan air untuk tubuh anda sebanyak minimal 8 gelas sehari.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Poin ini memang adalah hal yang paling umum, hampir semua orang tau bahwa sinar matahari tidak baik bagi kesehatan kulit. Tapi sebagian orang hanya tau bahwa sinar matahari membuat kulit menjadi hitam, tapi sebenarnya kulit yang terkena paparan sinar matahari akan rentan mengalami kerutan pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet A (UV A) yang dapat merusak kolagen dan sangat berpengaruh terhadap elastisitas kulit. Apabila kulit kurang memproduksi kolagen, maka kulit akan kehilangan elastisitasnya dan rentan mengalami kerutan. Sebaiknya anda menggunakan sun protection apabila sedang bepergian keluar rumah untuk melindungi kulit dari sinar UV.

6. Cara Menghilangkan Kerutan Dengan Cara Memijat Wajah

Memberikan pijatan yang lembut pada kulit akan menambah keelastisitan kulit wajah anda, pastikan anda memberikan pijatan pada wajah ke arah atas, bukan sebaliknya.

7. Konsumsi Makanan Yang Bernutrisi

Anda juga perlu untuk memperhatikan hal ini, makanan yang bernutrisi membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Usahakan anda mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, asam lemak omega 3, protein tinggi, mineral seperti selenium, vitamin A, vitamin E, dan zat besi. Semua vitamin itu dapat anda temukan di buah-buahan dan makanan seperti ikan tuna, salmon dan sarden. Sayur seperti tomat, bawang dan mentimun juga kaya akan vitamin itu.

8. Jangan Stres

Ketika anda stres, kemampuan tubuh untuk melawan hormon pemicu keriput menjadi buruk. Selain itu, kulit juga akan cendering menipis saat anda dilanda stres. Jadi sebaiknya anda mencegah stres dengan sering melakukan olah raga seperti yoga. Dengan melakukan gerakan yoga, tubuh dan fikiran akan menjadi tenang dan rileks.

Ada banyak manfaat yoga bagi kecantikan dan kesehatan yang bisa anda lihat di sini

Sekian cara menghilangkan kerutan pada wajah di usia dini, semoga bermanfaat.

baca juga : Cara Ampuh Membuat Pipi Lebih Tirus Secara Alami

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!