Cara Memelihara Hamster Peliharaan Agar Selalu Sehat

Memiliki hewan perliharaan adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan adanya hewan peliharaan di rumah, orang yang memeliharanya merasa tidak kesepian karena ada teman bermain, ya walaupun gak bisa diajak sharing sih kwkwk. Ya salah satunya hewan hamster. Hamster adalah hewan pengerat kecil yang mudah dipelihara. Tapi sebelum anda membeli hewan ini, anda sebaiknya tau terlebih dahulu cara memelihara hamster agar selalu sehat.

Memelihara hewan saudara jauh tikus ini terbilang gampang-gampang susah. Biaya perawatan hewan hamster memang tidak semahal memelihara kucing sejenis anggora. Tapi, jika tidak dengan perawatan yang baik, hamster peliharaan anda akan berisiko sakit bahkan mati.

baca juga :

Maka dari itu, anda tidak harus memeliharanya saja tapi anda juga harus tau bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan yang tepat bagi hamster kesayangan anda.

Cara Memelihara Hamster Peliharaan Agar Selalu Sehat

Dengan perawatan yang tepat, hamster peliharaan anda akan selalu sehat dan berumur panjang.

1. Pilih Kandang Yang Tepat

Kandang yang baik untuk hamster adalah kandang yang berukuran 0.23 meter persegi atau kandang berukuran 61 x 38 sentimeter. Pastikan juga anda menggunakan kandang yang terbuat dari jaring kawat agar sirkulasi udara tetap lancar.

2. Perhatikan Letak Kandang

Jangan menemaptkan kandang hamster di tempat yang bising dan terhindar dari hewan lainnya seperti anjing atau kucing, agar hamster peliharaan anda tidak stress. Sebaiknya tempatkan di tempat yang nyaman dan usahakan anda meletakkannya di area yang terkena sinar matahari sekali-kali.

3. Pastikan Hamster Tidak Kabur

Anda pasti sudah tau bahwa hamster adalah hewan kecil yang cerdik, ia sangat pandai dalam melarikan diri. Sebaiknya anda menutup rapat pintu ataupun jendela pada kandang. Dan jangan lupa rutin mengecek celah dinding kawat kadang, pastikan tidak longgar agar tidak bisa dilalui hamster anda.

4. Pahami Jenis Hamster Anda

Jika anda memelihara hamster suria, maka pastikan anda tidak menggabungnya dengan hamster lain dalam satu kandang. Karena hamster ini adalah jenis hamster yang akan berkelahi dengan lawannya hingga mati agar dapat menguasai kadang.

5. Perhatikan alas kandang

Sebaiknya anda jangan menggunakan serutan kayu pinus atau cedar sebagai alas kandang, karena dapat mengganggu pernapasan dan masalah kesehatan lainnya. Kayu pohon pinus mengandung plicatic acid yang di dalamnya terdapat phenol. Yang kita tau bahwa kandungan itu biasa dimanfaatkan sebagai bahan produk pengharum ruangan dan pembersih lantai. Tentunya hal itu tidak baik untuk kesehatan hamster anda.

6. Beri Makanan Setiap Hari

Sebenarnya hal ini berlaku bagi semua hewan peliharaan. Hamster adalah salah satu hewan yang sering menimbun makanannya dengan cara menyembunyikan sisa makanannya di tempat rahasia. Tapi anda jangan membuangnya agar hamster tidak merasa tertekan, sebaiknya anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Dan pastikan anda menaruhnya di tempat yang sama persis seperti sebelumnya. Jangan sesekali anda memberikan makanan manusia seperti permen, daging mentah, gula dan lain-lain kepada hamster anda.

7. Berikan Air Minum

Sebenarnya hamster adalah hewan yang tidak sering minum, tapi anda harus tetap menyediakan air bersih karena hamster kadang-kadang merasa haus. Jangan meletakkan air pada tempat yang rentan jatuh dan membuat hasmter kotor. Gunakan botol air atau dispenser khusus dan ganti airnya setiap hari.

8. Berikan Camilan

Berikan camilan 2-3 kali semingu pada hamster kesayangan anda. Wortel, pisang, apel, paprika bisa anda berikan untuk hamster anda. Tapi jika anda mau, anda juga bisa membeli camilan khusus hamster di toko hewan seperti kripik, yogurt, coklat dan camilan khusus lainnya.

INGAT anda jangan sesekali memberikan hamster anda makanan seperti kacang almond, bawang bombai, kentang, buncis, buah buahan berbiji, lokio, alpukat, daun bawang, terong, sayuran rempah, bawang putih, kol bulat, tomat dan buah buahan jenis jeruk.

9. Lakukan Pendekatan

Anda mau bukan terlihat akrab dengan hewan peliharaan anda? Tapi sebaiknya anda jangan langsung mendekatinya begitu saja, karena hamster akan takut atau grogi bertatapan langsung dengan orang yang baru. Dekati hamster anda secara bertahap dengan berbicara dengan nada yang lembut. Anda bisa melakukan pendekatan itu setelah 3 hari anda membiarkannya sendiri di kandangnya.

10. Tambahkan Mainan di Dalam Kandang

Hamster juga makhluk hidup biasa yang bisa merasakan bosan dan kesepian. Maka dari itu, manjakan hamster anda dengan membelikannya mainan roda hamster agar ia bisa bermain. Sebenarnya mainan roda ini sudah tersedia di dalam kandang saat anda membelinya, tapi ukuran rodanya kecil dan kurang baik untuk kesehatan tulang punggung hamster. Apabila hamster membungkuk dan punggungnya miring ke arah depan ketika berlari dalam roda, maka itu tandanya roda terlalu kecil. Beli roda hamster dengan diameter 20 sentimeter untuk hamster kerdil dan 28 sentimeter untuk hamster suria atau beli roda dengan ukuran yang lebih besar sebab lebih baik dibandingkan roda berukuran terlalu kecil.

Sekian cara memelihara hamster peliharaan untuk anda, semoga anda bisa merawatnya dengan baik agar hamster anda dapat selalu sehat. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!