Cara Kredit Mobil Yang Baik, Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Banyak yang bertanya bagaimana cara kredit mobil yang baik dan hal apa saja yang perlu diperhatikan?? Mungkin sudah kita ketahui bersama saat ini, memiliki mobil adalah kebutuhan hampir semua orang…

Terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga atau memang mobilitasnya cukup tinggi, Sebab jika hanya mengandalkan kendaraan umum dengan tingkat keamanan minim, maka kurang optimal..

Dan tidak menutup kemungkinan, Mungkn anda termasuk salah satu orang yang berencana memiliki kendaraan roda empat seperti orang lain, Namun terkendada dalam biaya? Jangan takut cara yang bisa anda pilih adalah kredit..

Namun sebelum itu, Jika anda mengincaran  mobil dengan mendapatkan diskon atau potongan harga yang lumayan besar, Cara ini  memanglah sangat menggiurkan..

Yaa seperti kita ketahui bersama, harga mobil mahal bila ingin di cash secara langsung akan sulit rasanya dengan gaji yang masih pas-pasan..

Cara Kredit Mobil Yang Baik? Hal Ini Harus Anda Perhatikan..

Lanjut apakah untuk kredit mobil setidaknya orang harus mempunyai gaji yang besar??

Baca juga : Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Mudah

Tidak juga. Sebenarnya semua orang bisa, asalkan disini anda mampu mengalokasikan dana dengan bijak setiap bulannya dan paham akan cara kredit mobil yang benar..

Apalagi, saat ini terdapat beragam produk kredit mobil dipasaran yang cukup banyak..

Nah untuk mengatasi masalah tentang kredit mobil anda bisa memperhatiakn beberapa hal penting yang akan saya jelaskan dibawah nantinya..

Berikut Hal Yang Wajib Di Ketahuai..!!

Intinya ketika ingin kredit mobil jangan terburu-buru menubruk tawaran promo mobil harga murah itu. Mobil sebenarnya termasuk barang yang harganya cukup mahal. Rata-rata kendaraan roda empat dibanderol di harga di atas Rp 100 juta, Bagaimana mengatasinya? Cukup simak penjelasan dibawah ini..

Sebagai Berikut..!!

1.Pilih Satu Pembiayaan Terbaik

Langka pertama adalah cari satu pembiayaan yang menurut anda terbaik, Cari lembaga pembiayaan mana yang paling kooperatif dalam melayani pengajuan kredit anda..

Apakah melalui bank atau lembaga pembiayaan lain seperti perusahaan leasing? Keduanya sama-sama membayarkan dahulu sebagian dari harga mobil yang diinginkan, kemudian secara berkala akan mewajibkan Anda melunasinya dalam bentuk cicilan per bulan…

Usahakan yang bekerja sama dengan bank, Karen bang sering kali memberikan bunga yang rendah, namun dengan persyaratan yang justru rumit, Sementara perusahaan leasing biasanya memberikan bunga yang tinggi tanpa prosedur serumit bank..

2.Tentukan Uang Muka Dan Tenor

Lalu setelah memilih lembaga pembiayaan, tentukan uang muka yang akan anda bayar. Saat ini, uang muka yang disyaratkan untuk pembayaran DP adalah sebesar 30 persen dari total harga mobil..

Persyaratan minimal uang muka tersebut telah disesuaikan dengan regulasi pemerintah. Tapi pada dasarnya, semakin besar uang muka yang dikeluarkan, semakin ringan pula beban cicilan anda kelak..

Selain itu, lama tenor juga perlu anda perhatikan agar bisa mengatur cashflow dari sekarang. Tenor atau jangka waktu cicilan yang ditetapkan oleh lembaga pembiayaan mulai ialah 1-5 tahun..

3.Lengkapi Persyaratan Administrasi

Ketika persyaratan lengkap dan dokumen yang anda berikan juga lengkap, Maka semakin besar kemungkinan pengajuan kredit mobil Anda disetujui..

Berkas-berkas yang dibutuhkan antara lain slip gaji, KTP, Kartu Keluarga, Rekening tabungan, Rekening listrik/air/telepon/PBB dan dokumen lainnya sesuai dengan yang diminta oleh lembaga pembiayaantersebut..

Anda juga harus dapat menunjukkan rekening bank yang stabil minimal tiga bulan terakhir, Rekening bank yang stabil selalu mengalami surplus setiap bulannya. Semakin besar surplusnya, kondisi keuangan Anda akan semakin meyakinkan pihak lembaga pembiayaan..

4.Sesuaikan Dengan Penghasilan Tetap

Saat pengajuan kredit dituntut memiliki penghasilan tetap yang jumlahnya tiga kali lipat dari nilai cicilan. Misalnya, jika Anda memutuskan memilih angsuran Rp2.685.658 perbulan..

Maka dari itu anda harus memiliki penghasilan tetap sebesar Rp8.056.974. Banyak kasus di mana karyawan terlalu memaksakan diri mengajukan cicilan mobil dengan mengandalkan gaji lemburan. Keputusan ini tidak bijaksana karena lembur bukanlah sumber penghasilan yang tetap..

5.Asuransikan Kendaraan Anda

Cara terakhir yang perlu dilakukan adalah mengajukan asuransi, Pihak lembaga pebiayaan umumnya mewajibkan Anda untuk membeli asuransi kendaraan. .

Hal ini dilakukan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses kredit berjalan. Ada dua pilihan asuransi jenis ini yang bisa anda pilih, yakni Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

TLO hanya menanggung kerusakan mobil lebih dari 70 persen, sedangkan All Risk tanggungannya lebih beragam mulai dari musibah bencana alam hingga kemalingan..

Jika anda memutuskan mengasuransikan mobil, jangan lupa bahwa akan ada biaya tambahan pula yang harus diperhitungkan..

5 Hal penting diatas perlu anda lakukan ketika berniat untuk kredit mobil tanpa harus pusing dengan biaya perbulannya.. Semoga bermanfaat..!!

Klik disini untuk artikel menarik lainnya..

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

error: Content is protected !!