Beberapa Pantangan Menikah Orang Jawa Dalam Bentuk Adat

Beberapa Pantangan Menikah-Tahukah Anda bahwa ada mitos jawa dimana memiliki pantangan tentang wanita yang tidak boleh dinikahi menurut adat jawa.

Mungkin ini yang dinamakan adat jawa tentang pernikahan ngalor ngulon.

Sebenarnya jika secara agama dan percaya bahwa semua kuasa ada padaNYA maka tidak ada pantangan setelah menikah.

Apalagi syarat nikah adat jawa.. Tapi ini berlaku dijawa, bukan untuk semua manusia.

Bahkan, di jawa ada adat pernikahan jawa anak tunggal dan adat jawa kebo balik kandang yang ingin menikah dengan tetangga depan rumah, setelah itu mereka di perkenalkan dengan larangan keluar rumah setelah menikah.

Nah, disini saya mau membagikan info mengenai pantangan menikah dalam adat jawa, di dalam artikel ini saya coba membahasnya secara singkat saja, sama seperti ketika saya membahas Cara Memilih Arah Rumah Menurut Primbon Jawa dan artikel lainnya yakni Tanda-Tanda Kematian Seseorang Melalui Karunia

Pantangan Menikah Orang Jawa

Jadi beberapa pantangan tersebut ada dibawah ini :

1 ) Tidak Boleh Nikah Sama Tetangga Depan Rumah

Pantangan ini memberitahukan bahwa apabila kedua calon kedua pasangan ternyata memiliki rumah saling berhadapan maka dalam adat jawa mereka ini dilarang nikah.

Alasannya…menurut orang orang dulu jika hal ini terjadi maka rentan mendapatkan bencana yang biasa terjadi pada hari pernikahan atau pada saat mereka sudah resmi jadi pasangan hidup.

Musibah ini dipercaya bisa mendatangkan kematian dan cara menanggulanginya adalah dengan membiarkan salah satu pasangan ini untuk pergi menjauh kemudian nantinya ada seseorang yang mengangkat anak tersebut menjadi anaknya barulah setelah itu mereka bisa menikah.

Mengenai diangkat menjadi, Bisa diangkat oleh tetangga lainnya, hanya untuk menghindari malapetaka ini..

2 ) Beberapa Pantangan Menikah Menurut Arah Rumah Sama

Yang kedua,adat yang melarang orang menikah dengan hadapan rumah yang sama. Misalnya sama sama mengarah ke timur.

Walaupun kedua jarak rumah calon pasangan ini sangat jauh namun jika arah atau hadapan rumahnya sama maka mereka dilarang untuk menikah.

Misalnya, rumah pasangan laki laki menghadap ke timur dan rumah perempuan juga arahnya ke timur maka mereka tidak boleh menikah.

Menurut mitos, jika hal ini tetap dilauk

apabila dilanggar maka bisa terjadi keributan terus dalam rumah tangganya, hidupnya tidak bahagia dan berujung pada perceraian. untuk menghindari hal tersebut maka salah satu pasangan harus merenovasi rumahnya terlebih dahulu agar merubah hadap rumahnya.

3) Memilih Bulan Yang Salah

Bila melangsungkan pernikahan di bulan RABIUL  AKHIR dengan begitu pasti akan terjadi malapetaka didalam bahtera rumah tangga kedua pasangan tersebut antara istri dan suaminya yang didasari oleh perekonomian yang mulai merosot bisa juga karena diantara salah satu dari mereka berselingkuh sehingga berujung pada perceraian.

4) Pernikahan Sedarah

Semua orang pasti akan merasa malu bila mengetahui ada sanak keluarganya ingin melangsungkan pernikahan yang mereka sadari kalau diantara mereka masih ada jalinan atau hubungan keluarga, meskipun itu mereka keluarga jauh atau yang biasa disebut sepupu 2 atau 3 kali.

Dalam mitos kepercayaan adat jawa juga melarang untuk melangsungkan pernikahan seperti ini karena akan ada bencana besar yang akan menimpa mereka atau juga keluarganya yang lain yang sangat fatal bahkan berujung kematian.

Jadi inilah beberapa kepercayaan adat jawa tetang pantangan menikah yang dapat saya bagikan untuk Anda dan semoga dengan artikel saya ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang dilarang dalam pernikahan adat orang jawa.

You May Also Like

About the Author: Alexander Gustaf Warae

error: Content is protected !!