Meretakkan Leher Memang Enak Tapi Ternyata Sangat Berbahaya

bahaya meretakkan tulang leher

Bahaya meretakkan tulang leher memang masih ramai diperbincangkan. Memang enak tapi ternyata sangat berbahaya. KREEEK! ketika meretakkan leher pasti terdengar bunyi  seperti itu. Munculnya bunyi “kreek” saat mematahkan leher dikarenakan kapsul di sekitar sendi yang membentang yang disebut sendi facet. Sendi tersebut berada di setiap sisi leher. Terdapat cairan di dalam sendi yang kemudian akan berubah menjadi gas karena tekanan yang diberikan di daerah leher sehingga menimbulkan bunyi.

Memang enak apalagi ketika melakukan hal itu pasti lebih nikmat dilakukan dan leher akan terasa lebih rileks dan ringan. Bukan cuma leher, tapi juga biasa dilakukan di setiap persendian seperti jari-jari dan lutut kaki.

Namun apakah kebiasaan tersebut ada gunanya? Tentu tidak ada gunanya sama sekali. Memang menyenangkan namun, ketika dilakukan secara berulang akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Menurut Ringo Yee selaku Kepala Fisioterapis di Tan Tock Seng Hospital membunyikan tulang leher sembarangan adalah ide buruk.

Leher bukan cuma penghubung antara dada dan kepala. Leher mendukung sistem penting antara kepala dan seluruh tubuh, seperti sistem kerja pembuluh darah, syaraf, sistem pernafasan, dan sistem vital manusia yakni makan dan minum. Otot-otot yang ada di leher mampu menggerakkan kepala serta tulang rahang. Leher memiliki berbagai macam fungsi yaitu menopang kepala, melindungi organ lain, penghubung sistem kerja tubuh, dan salah satu organ vital tubuh manusia. Maka dari itu kita harus menjaga tulang leher kita agar sistem tubuh kita dapat berjalan dengan baik.

bahaya meretakkan tulang leher

Ini dia dampak akibat sering membunyikan leher:

  1. Syaraf terjepit.
  2. akan mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Efek yg ditimbulkan biasanya orang tersebut akan berjalan sperti robot, karena otak gagal memberi instruksi kepada organ2 tubuh untuk melakukan apa yang diinginkan.
  3. Jika terus menerus dilakukan, hal ini dapat menyebabkan penyakit sendi yg kronis di kemudian hari.

Kalian suah tau kan bahaya meretakkan tulang leher. Makanya ada baiknya ketika leher kita merasa tegang lebih baik merilekskan leher kita menggunakan shower di kamar mandi. Air hangat mampu merilekskan tulang leher anda.

 

 

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!