Alasan Mengapa Sering Telat Haid dan Cara Mengatasinya

Menstruasi/haid adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal dan yang tidak dalam keadaan hamil. Tapi ada juga sebagian orang yang mengalami telat haid atau tidak mengalami menstruasi dalam tepat waktu.

Pada umumnya, siklus normal datang bulan pada wanita yaitu berkisar antara 21 hingga 35 hari sekali. Jadi bagaimana jika wanita tidak datang bulan dalam kurun waktu seperti itu? apakah berbahaya?

Jika telat haid 2 sampai 3 hari saja tidak jadi masalah, akan tetapi jika telat 6-7 bulan itu yang perlu untuk diwaspadai. Banyak wanita yang sering salah paham, kalau sering telat datang bulan mulai dari 4 sampai 5 bulan, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak menstruasi, berarti tidak ada pendarahan di dalam tubuh.

baca juga : Cara Menjaga Kondisi Tubuh Agar Terjaga Dan Sehat

Penyebab Telat Datang Bulan

Penyebab telat datang bulan bisa berbagai macam seperti :

Bagi  wanita yang belum menikah. Hal ini bisa disebabkan karena adanya perubahan drastis pada tubuh, misalnya orang yang gemuk tiba-tiba menjadi kurus ataupun sebaliknya, pola makan yang tiba-tiba tidak teratur misalnya diet yang berat secara tiba-tiba. Penyebab lainnya bisa juga disebabkan karena terlalu lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari seperti belajar dan juga mengalami stres. Hormon yang tidak seimbang menyebabkan telat datang bulan pada remaja. Telat mestruasi juga bisa diakibatkan karena adanya perubahan pola hidup seperti wanita yang dulunya rutin berolahraga tiba-tiba tidak pernah berolahraga lagi.

baca juga : olahraga ringan dan mudah bisa kamu lakukan di rumah

Bagi wanita yang sudah menikah, Sering telat haid dapat disebabkan karena kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur jika batas telat haid sudah melampaui batas telat haid yang wajar alias terlalu lama.

Cara Mengatasi Telat Haid

Sebenarnya ada obat perangsang cepat datang haid, tapi ada baiknya anda melakukan cara alami saja. Karena jika anda minum obat perangsang haid, anda bisa saja akan mengalami ketergantungan dan akan telat datang bulan lagi

1. Jahe

JIka telat datang bulan anda berkisar antara 1-3 minggu saja, anda bisa menggunakan jahe sebagai bahan alami untuk mempercepat haid anda. Jahe dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh sehingga dapat membuat siklus haid anda  menjadi lancar. Caranya, anda cukup meminum air rebusan jahe, untuk menyamarkan rasanya anda bisa mencampurnya dengan sedikit madu.

2. Jus Wortel

Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel dapat menyehatkan mata anda. Selain itu, kandungan zat besi pada wortel dapat mengatur fungsi hormonal dengan baik. Minumlah jus wortel 3 bulan berturut-turut untuk memperlancar siklus haid anda.

3. Kayu Manis

kandungan hydroxychalcone di dalam kayu manis dapat membantu untuk mengatur kadar insulin. Selain itu, kayu manis juga mampu menghangatkan tubuh yang berguna untuk mengatasi datang bulan.

4. Pepaya Mentah

Mengonsumsi pepaya mentah dapat mengatasi telat datang bulan anda karena kandungan yang ada dalam pepaya dapat mengontraksi otot di rahim yang dapat menginduksi menstruasi.

5.  Pare

Sejenis sayuran ini memiliki rasa yang pahit namun memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi pare dapat mengatasi telat haid yang sampai 1-3 bulan. Caranya, minum jus pare 2x seminggu, tapi jika anda tidak mampu menahan rasa pahitnya, anda bisa memasaknya sebagai sayur dan alangkah lebih baiknya jika anda mencampurnya dengan wortel.

6. Biji Wijen

Biji wijen ternyata ampuh untuk mengatasi telat datang bulan atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum air rebusan wijen setiap pagi saat perut kosong agar siklus menstruasi selalu tepat waktu.

Selain mengonsumsi bahan alami di atas, sebaiknya anda melakuakan olahraga secara rutin agar peredaran anda tetap lancar. Semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!